Parpol di Gunung Kidul mulai menjaring peserta Pemilihan Kepala Daerah 2020

id Pilkada 2020,Gunung Kidul

Parpol di Gunung Kidul mulai menjaring peserta Pemilihan Kepala Daerah 2020

Ketua DPC PDI Perjungan Gunung KidulEndah Subekti Kuntariningsih. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Partai politik di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai menjaring bakal calon kepala daerah yang akan diusung dalam Pilkada 2020.

Ketua DPC PDI Perjuangan Gunung Kidul Endah Subekti Kuntariningsih di Gunung Kidul, Senin, mengatakan DPC PDI Perjungan Gunung Kidul melakukan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati sejai Senin (9/9) hingga Senin (23/9).

"Penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati dilakukan secara tertutup. Sehingga, kami tidak mengumumkan di media," kata Endah.

Ia mengatakan pada tahap penjaringan ini, PDI Perjuangan mengirim surat bagi tokoh-tokoh yang berpotensi maju dalam pilkada. Adapun tokoh ini berasal dari berbagai kalangan mulai dari Aparatur Sipil Negara (ASN), tokoh agama hingga anggota militer. Meski demikian, ia belum mau menyebutkan nama yang dilirik untuk mendaftar dari PDI Perjuangan.

"Kami kirim surat dan tokoh-tokoh ini sudah mengambil formulir. Untuk saat ini, kami tinggal menunggu pengembalian formulir. Adapun bakal calon yang diajukan minimal ada dua orang," katanya.

Selain PDI Perjuangan, DPD PAN Gunung Kidul juga melakukan tahapan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati. Calon yang diusung bisa dari internal dan luar partai.

"Sesuai dengan aturan kepartaian, satu tahun jelang pencoblosan, maka harus melaksanakan pejaringan. Internal sudah melakukan koordinasi dan rencananya penjaringan dilakukan mulai pertengahan bulan ini,” kata Sekretaris DPD PAN Gunung Kidul Anwarudin.

Ketua KPU Gunung Kidul Ahmadi Ruslan Hani mengatakan di dalam pilkada, KPU tidak hanya membuka peluang bagi calon yang maju melalui jalur partai. Namun di dalam pesta demokrasi tingkat kabupaten ini, calon dari jalur independen juga diberikan kesempatan.

"Calon independen harus memenuhi beberapa persyaratan. Salah satunya adanya dukungan dari masyarakat," katanya.
Pewarta :
Editor: Sutarmi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar