Pelayanan publik Pemkot Yogyakarta langsung ramai dikunjungi warga

id pelayanan publik,pemerintah kota yogyakarta,hari pertama kerja, libur lebaran

Pelayanan publik Pemkot Yogyakarta langsung ramai dikunjungi warga

Pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta pada hari pertama masuk bekerja usai libur Lebaran (HO-Forpi Kota Yogyakarta)

....Meskipun ramai, masyarakat sudah diimbau untuk selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan.

Yogyakarta (ANTARA) - Sejumlah kantor di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta yang memberikan pelayanan langsung ke masyarakat langsung ramai dikunjungi warga usai libur Hari Raya Idul Fitri 2020, seperti terlihat di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta di Dinas Sosial yang berada di kompleks Balai Kota Yogyakarta.

'Di dua dinas tersebut kembali terlihat antrean warga yang ingin mengakses layanan kependudukan dan sosial. Meskipun ramai, masyarakat sudah diimbau untuk selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan," kata Anggota Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta Baharudin Kamba di sela pemantauan pelayanan publik pada hari pertama masuk kerja usai libur Lebaran di Yogyakarta, Selasa.

Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta, warga yang mengantre untuk mengambil dokumen kependudukan diminta membersihkan tangan menggunakan penyanitasi tangan atau mencuci tangan di tempat cuci tangan yang sudah disiapkan di luar kantor, begitu pula di Dinas Sosial.

Baca juga: Realokasi dana kelurahan Kota Yogyakarta tidak untuk jaring pengaman sosial

'Di Dinas Sosial juga sudah banyak warga yang mengantre untuk mengurus kartu kelompok sasaran jaminan perlindungan sosial (KSJPS) untuk warga miskin. Semuanya sudah dilakukan sesuai protokol kesehatan," ucapnya.

Di kedua dinas tersebut juga diterapkan sistem kehadiran bagi pegawai secara manual atau menggunakan mesin pindai wajah meskipun masih ada sebagian pegawai yang menjalani sistem bekerja dari rumah.

Sekretaris Dinas Sosial Kota Yogyakarta Ratih Ekaningtyas mengatakan, agar pelayanan kepada masyarakat tetap lancar pada hari pertama masuk kerja usai libur Lebaran, maka pegawai atau staf yang seharusnya bekerja dari rumah tetap datang ke kantor untuk membantu di loket pelayanan.

“Hari ini, pelayanan memang cukup ramai sehingga dibutuhkan tenaga tambahan agar pelayanan ke masyarakat berjalan lancar," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengingatkan seluruh aparatur sipil negara untuk tetap membangun optimistis meskipun saat ini masih dalam masa tanggap darurat pandemik COVID-19.

Baca juga: Pemda: tidak ada penambahan kasus positif COVID-19 di DIY

"Semangat bekerja dan berkarya tidak boleh luntur. Tetap harus produktif meskipun ada sebagian yang bekerja dari rumah. Pelayanan kepada masyarakat pun harus tetap dilakukan secara maksimal," katanya.

Pada hari pertama masuk kerja di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta juga diisi dengan kegiatan syawalan yang diikuti oleh kepala daerah dengan sejumlah pejabat secara terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, khususnya jaga jarak.

Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar