Morbidelli, Zarco memimpin sesi latihan kedua GP Catalunya

id motogp

Morbidelli, Zarco memimpin sesi latihan kedua GP Catalunya

Pebalap tim Petronas Yamaha Franco Morbidelli di Grand Prix Emilia Romagna, Sirkuit Misano. (20/9/2020) Reuters/Jennifer Lorenzini

Jakarta (ANTARA) - Franco Morbidelli dan Johann Zarco memimpin sesi latihan bebas kedua Grand Prix Catalunya di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, Jumat.

Meski sempat terjatuh di awal sesi, Morbidelli mencatatkan waktu satu menit 39,789 detik yang menjadi catatan terbaik di kedua sesi latihan hari itu.

Sementara rekan satu timnya di Petronas Yamaha, Fabio Quartararo, mengalami masalah teknis yang memaksanya harus kembali ke garasi jelang akhir sesi.

Zarco juga memperbaiki catatan waktunya dengan selisih 0,109 detik dari sang pebalap Italia untuk finis kedua secara keseluruhan, demikian laman resmi MotoGP.

Di belakang pebalap Avintia Racing itu, rookie Brad Binder tak kalah cepatnya dengan motor KTM di peringkat tiga, terpaut 0,219 detik dari pemuncak sesi.

Juara Grand Prix pekan lalu Maverick Vinales berada di peringkat empat, menggungguli Takaaki Nakagami yang menjadi pebalap andalan Honda selama Marc Marquez masih memulihkan diri dari cedera lengan kanan.



Kendati gagal menyelesaikan FP2, catatan waktu Quartararo di sesi pagi cukup membuat pebalap Prancis itu di peringkat enam di depan Joan Mir yang tampil konsisten dengan Suzuki di empat balapan terakhir.

Pol Espargaro menjadi pebalap KTM kedua tercepat hari itu di P9, sedangkan Alex Marquex perlahan tapi pasti mulai mampu mengendalikan motor Honda RC213V dengan lebih baik untuk finis P9.

Valentino Rossi berjarak 0,713 detik dari Morbidelli dan menempati slot terakhir untuk mendapatkan tiket sementara ke Q2 di P10.



Zarco menjadi satu-satunya pebalap Ducati yang berada di peringkat sepuluh besar setelah kedua sesi latihan.

Jack Miller (P12), Andrea Dovizioso (P15), Francesco Bagnaia (P19) dan Danilo Petrucci (P10) harus bekerja keras di FP3 jika ingin mengamankan tiket ke Q2.

Cal Crutchlow kembali membalap setelah melewatkan dua seri di Misano pascaoperasi arm pump dan robek ligamen pergelangan kakinya ketika tiba di Barcelona.

Test rider Honda Stefan Bradl, yang menggantikan Marc Marquez yang cedera, kembali lagi turun membela tim Repsol Honda setelah menarik diri dari GP Emilia Romagna karena masalah di lengannya.

Zarco, Morbidelli, Stefan Bradly dan Iker Lecuona sempat terjatuh di sesi latihan siang itu.


Sepuluh besar catatan waktu dari kedua sesi latihan bebas:

1. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) – 1:39,789
2. Johann Zarco (Esponsorama Racing) + 0,109
3. Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) + 0,219
4. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0,419
5. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) + 0,623
6. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) + 0,642
7. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 0,652
8. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) + 0,685
9. Alex Marquez (Repsol Honda Team) + 0,689
10. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0,713

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar