Ketersediaan kebutuhan pokok di Bantul cukup sampai Natal

id Kebutuhan pokok,bantul

Ketersediaan kebutuhan pokok di Bantul cukup sampai Natal

Pjs Bupati Bantul Budi Wibowo dan Kepala Dinas Perdagagan Bantul Sukrisna Dwi Susanto saat berkunjung ke pasar tradisional Imogiri, Bantul, DIY. ANTARA/Hery Sidik

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan bahwa ketersediaan kebutuhan pokok menjelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 mencukupi kebutuhan masyarakat di wilayahnya.

"Terkait dengan ketersediaan kebutuhan pokok, kami telah memantau di lima pasar tradisional, untuk sembako dan bahan pokok lainnya itu tercukupi dan aman," kata Kepala Dinas Perdagangan Bantul Sukrisna Dwi Susanto usai melakukan kunjungan ke Pasar Imogiri, Bantul, DIY, Selasa.

Oleh sebab itu, pihaknya mengharapkan masyarakat tidak perlu khawatir akan kesulitan mendapatkan kebutuhan pokok di pasar tradisional, sebab stok mencukupi dan aman, meski diakui terdapat beberapa komoditas tertentu yang harganya mengalami kenaikan dibanding sebelumnya.

"Ada komoditas tertentu yang harganya naik, tetapi kenaikan harga ini sebenarnya tidak signifikan, masih terjangkau oleh masyarakat," katanya.

Dia menyebutkan sejumlah komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga di antaranya bawang merah yang pada minggu terakhir November ini di kisaran Rp33 ribu per kilogram, naik sekitar Rp6.000 per kg dibanding sebelumnya pada kisaran Rp26 ribu sampai Rp27 ribu per kg.

"Selain bawang merah, cabai merah juga ada kenaikan harga, tapi tidak signifikan berkisar Rp5.500 per kg, cabai merah itu kemarin di harga sekitar Rp18 ribu sampai Rp19 ribu per kg, sekarang sudah sampai Rp24 ribu sampai Rp25 ribu per kg," katanya.

Sedangkan daging ayam, kata dia, stoknya mencukupi meski ada kenaikan harga sekitar Rp4 ribu sampai Rp5 ribu per kg, dari sebelumnya rata-rata pada Rp28 ribu per kg, menjadi Rp31 ribu sampai Rp33 ribu per kg pada minggu ini.

Kemudian harga telur ayam saat ini di kisaran Rp23 ribu per kg, naik dari sebelumnya yang masih pada kisaran Rp21 ribu per kg.

"Untuk daging sapi stabil, tetapi stabilnya stabil tinggi antara Rp110 ribu sampai Rp120 ribu per kg, yaitu daging kualitas satu Rp120 ribu per kg, kemudian daging biasa Rp110 ribu per kg. Kemudian untuk beras masih stabil kisaran Rp9.100 per kg, beras medium ada yang Rp10.200 per kg," katanya.