Bantul menggencarkan gerakan literasi di lingkungan pendidikan

id Dinas Pendidikan,GMB-Indonesia, Festival Literasi Bantul 2021

Bantul menggencarkan gerakan literasi di lingkungan pendidikan

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Bantul Isdarmoko (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Gerakan Menulis Buku (GMB) Indonesia didukung Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelenggarakan Festival Literasi Bantul 2021 guna menggencarkan gerakan kegiatan membaca dan menulis di lingkungan pendidikan daerah setempat.

"Literasi harus digencarkan, digalakkan dan harus menjadi budaya di kalangan pendidikan,  khususnya bagi pendidik dan peserta didik di seluruh jenjang," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bantul Isdarmoko dalam keterangan tertulis di Bantul, Selasa.

Pendaftaran peserta Festival Literasi Bantul 2021 dibuka pada 14 Januari hingga 25 Januari 2021, dan penghargaan bagi siswa yang berprestasi akan dianugerahkan pada acara puncak Festival Literasi Bantul yang diselenggarakan secara virtual pada 6 April mendatang.



Karena itu, pihaknya mengapresiasi dan mendukung program GMB-Indonesia yang memiliki kepedulian untuk bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul dalam penyelenggaraan Festival Literasi Bantul 2021 dalam rangka menyemarakkan gerakan literasi sekolah.

"Diharapkan program-program GMB-Indonesia dapat lebih menjangkau sekolah di berbagai daerah. Festival Literasi ini diselenggarakan demi memberi ruang bagi siswa, guru, dan sekolah untuk berkarya, mengembangkan kompetensi, meraih prestasi, dan mewujudkan mimpi," katanya.

Dengan menjadi peserta program Festival Literasi Bantul, iswa, guru, dan sekolah akan mendapatkan berbagai fasilitas, di antaranya penerbitan buku sekolah secara nasional, workshop digital bersertifikat, piagam dan sertifikat kepenulisan, plakat Sekolah Aktif Literasi, dan sebagainya.

Sementara itu, Founder GMB-Indonesia Lenang Manggala menjelaskan selain penulisan karya, penerbitan buku dan pembelajaran digital, program ini juga dapat memberikan penghargaan bagi siswa, guru, dan sekolah yang berpartisipasi.

"Festival Literasi Bantul terselenggara karena adanya kepedulian dari Disdikpora setempat dalam upaya memajukan pendidikan dan budaya literasi di daerahnya. Diharapkan pemerintah daerah lain juga memiliki kepedulian yang sama pada upaya memajukan pendidikan dan literasi bagi generasi penerus bangsa ini," katanya.



Kepala Disdikpora Bantul Isdarmoko menambahkan dalam rangka pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah, mengembangkan budaya literasi di daerah Bantul, diharapkan seluruh sekolah dari jenjang sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan SMA sederajat dapat ikut berpartisipasi dalam program ini.

"Sukseskan Festival Literasi Bantul 2021. Harapan kami, semua sekolah di Bantul, khususnya yang di bawah naungan Disdikpora, yaitu SD dan SMP sederajat bisa bergabung dalam program ini," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar