Dinkes Bantul mulai vaksinasi COVID-19 bagi calon jamaah haji lansia

id Vaksinasi COVID-19

Dinkes Bantul mulai vaksinasi COVID-19 bagi calon jamaah haji lansia

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi calon jamaah haji lansia asal Bantul, DIY. ANTARA/Hery Sidik

Bantul (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai melakukan vaksinasi COVID-19 atau penyuntikan vaksin Sinovac massal bagi calon jamaah haji berusia lanjut atau lansia asal daerah ini.

"Jadi hari ini Kabupaten Bantul sudah memulai untuk vaksinasi massal terutama prioritas bagi calon jamaah haji lansia tahun 2021 yang kemarin keberangkatan tahun 2020 ditunda," kata Juru Bicara Vaksinasi Bantul Abednego Dani Nugroho di sela vaksinasi di Bantul, Selasa.

Menurut dia, jumlah sasaran pemberian vaksinasi COVID-19 dalam dua hari yaitu tanggal 6 dan 7 April di halaman kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul ini sebanyak 375 orang calon jamaah haji khusus lansia.

"Pelaksanaan sesuai dengan format nasional proses, atau tahapan dari vaksinasi ini kita bagi menjadi empat zona meja, zona satu untuk registrasi, zona dua untuk skrining, kemudian zona tiga proses penyuntikan dan zona empat adalah observasi," katanya.

Meski demikian, kata dia, dalam pemeriksaan di zona dua diperlukan pemeriksaan kondisi kesehatan lain secara khusus, mengingat lansia ini perlu ada skor terkait kerentanan dan dinilai seberapa kuat fisik lansia ini di dalam menunaikan aktifitas sehari-hari.

"Dan setelah suntik selesai ke zona empat langsung observasi, di sana kita lakukan pemantauan selama 30 menit apakah ada KIPI (kejadian ikutan pasca-imunisasi), terutama yang serius atau tidak," katanya.

Dia mengatakan, harapannya vaksinasi calon jamaah haji lansia ini bisa menjadi momentum untuk pemerintah daerah melakukan vaksinasi dengan prioritas lansia seluruhnya.

Sementara itu, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di sela meninjau pelaksanaan vaksinasi mengatakan bahwa para lansia calon jamaah haji yang sebentar lagi akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekah pada tahun ini perlu divaksin agar imunitas mereka meningkat dan lebih baik.

"Apalagi jamaah haji ini akan kumpul banyak orang di Mekah dan Madinah, sehingga imunitas perlu ditingkatkan dengan cara vaksinasi, ada hampir 400 jamaah haji lansia dari Bantul kita vaksin, hari ini 200 orang, besok 200 orang. Jadi ada 400 dari 927 orang yang kita vaksin melalui vaksinasi lansia," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar