Pemkab Kulon Progo diminta memperkuat koperasi untuk pemulihan ekonomi

id Kulon Progo,Koperasi,DPRD Kulon Progo,Fraksi Golkar

Pemkab Kulon Progo diminta memperkuat koperasi untuk pemulihan ekonomi

Anggota DPRD Kulon Progo dari Fraksi Golkar Sasmita Hadi. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sasmita Hadi meminta pemerintah setempat memperkuat peran koperasi guna memulihkan ekonomi masyarakat pada masa padami COVID-19.

Sasmita Hadi di Kulon Progo, Rabu, mengatakan pada masa pandemi COVID-19, pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) membutuhkan penguatan modal dan pemasaran produk supaya dapat bertahan.

"Kami minta Pemkab Kulon Progo melalui Dinas Koperasi dan UKM melakukan penguatan koperasi supaya membantu pelaku UMKM dalam permodalan dan penjualan produk," kata Sasmita Hadi.

Menurut dia, kedudukan koperasi sangatlah penting, terutama di bidang sistem perekonomian. Koperasi sebagai soko guru ekonomi mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi rakyat serta mewujudkan demokrasi ekonomi sebagai sifat kebersamaan dan gotong royong dalam perekonomian.

Kebijakan pembangunan koperasi diarahkan untuk memantapkan posisi dan peranan koperasi yang seimbang dengan usaha lainnya sehingga mampu mengatasi permasalahan di masa pandemi COVID-19 sekarang ini.

Politisi Partai Golkar dari Daerah Pemilihan IV (Sentolo dan Nanggulan) ini mencontohkan Koperasi Simpan Pinjam Sembodo Murakabi Manfangati di Desa Salamrejo, Kecamatan Sentolo ini dapat menjadi pendorong bagi anggotanya untuk bangkit dari suasana pandemi ini dan tidak berhenti berinovasi berusaha.

"Anggota Koperasi Murakabi Manfangati bisa meminjam Rp64 juta untuk kegiatan usaha. Untuk itu, kami berharap pemkab benar-benar memperhatikan koperasi dalam memulihkan ekonomi masa pandemi, khususnya kebangkitan UMKM," katanya.

Koperasi Simpan Pinjam Sembodo Murakabi Manfangati di Desa Salamrejo Harjanto mengaku meminjam uang untuk membuka usaha sembako. Ia mengaku usahanya mulai ramai kembali seiring kondisi ekonomi masyarakat membaik.

"Saya membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan usaha supaya dapat berkembang lagi. Pinjangan dari koperasi sangat mudah, dan pencairan sangat cepat," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar