Pemkab Bantul: Bantuan alsintan bakal mendongkrak produksi pertanian

id Bantuan alsintan,bantul

Pemkab Bantul: Bantuan alsintan bakal mendongkrak produksi pertanian

Penyerahan secara simbolis bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani Bantul oleh Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di Bantul, DIY, Kamis (29/4/2021). ANTARA/Hery Sidik

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyebutkan bantuan alat-alat mesin pertanian atau alsintan kepada kelompok tani merupakan salah satu strategi dalam mendongkrak produksi pertanian.

"Kami melihat pemberian bantuan alat mesin pertanian oleh Pemda DIY ini adalah salah satu strategi menyempurnakan manajemen teknis guna mendongkrak produksi pertanian," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di sela acara Penyerahan Bantuan Alsintan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY kepada petani Bantul di Bantul, DIY, Kamis.

Menurut dia, pemberian bantuan alsintan ini merupakan bakti nyata dan komitmen serta bagian dari tekad Pemda DIY untuk terus memperkuat sektor pertanian sebagai upaya modernisasi bidang pertanian untuk mencapai ketahanan pangan.

"Dengan bantuan ini, bagi kadhang tani di Bantul akan memberikan rasa nyaman dalam mengelola lahan, karena tidak perlu memikirkan pengeluaran uang untuk membeli alat-alat mesin pertanian," katanya.

Bupati mengatakan penggunaan alat mesin pertanian dalam pertanian sudah tidak bisa diabaikan, karena salah satu ciri pertanian modern adalah menggunakan alat mesin pertanian, dari hulu hingga hilir.

Dia mengatakan dengan cara ini, peningkatan produksi bisa dilakukan, karena alat mesin pertanian mampu menekan kerugian dan juga membuat pertanian menjadi efisien.

"Kepada para kelompok tani saya pesan alat ini diberikan tidak gratis dalam artian ada targetnya. Targetnya adalah produksi kelompok tani, para kadhang tani harus meningkat dengan adanya alat alat mesin pertanian," katanya.

Bupati Bantul juga menekankan alat mesin pertanian ini diberikan bukan untuk digunakan oleh pribadi, tetapi harus dikelola dengan baik secara berkelompok, jadi kelompok tani penerima bantuan diharapkan dapat kompak dan selalu bersatu serta bertanggung jawab dalam penggunaannya.

"Kepada setiap kelompok tani, saya harapkan mempunyai strategi dalam mengatur pola pemanfaatan, dan penggunaannya, begitu juga administrasinya agar kelompok tani dapat berkembang dan menyejahterakan seluruh anggotanya," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DIY Andi Nawa Candra mengatakan bantuan alsintan dari APBD DIY dan Kementerian Pertanian yang diserahkan kepada kelompok tani Bantul terdiri atas traktor, power threser, dan pompa air.

"Harapannya alsintan ini dipelihara, dimanfaatkan bersama-sama dengan anggota lain, dan dirawat jangan sampai mangkrak. Setelah menerima alsintan ini, apabila ingin mengajukan bantuan untuk peningkatan produksi dan sebagainya, silahkan mengajukan ke DPKP DIY atau Bantul," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar