Pemkab Gunung Kidul serahkan bantuan alsintan untuk kelompok tani

id alsintan,Gunun Kidul

Pemkab Gunung Kidul serahkan bantuan alsintan untuk kelompok tani

Bupati Gunung Kidul Sunaryanta menyerahkan bantuan alat mesin pertaniaan kepada kelompok tani. (Foto ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunung Kidul)

Pada APBD 2021, kami menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) berupa 140 unit traktor jenis impala, 70 unit cultivator, 8 traktor serta 10 pompa air dari Kementerian Pertanian.
Gunung Kidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyerahkan bantuan alat mesin pertanian kepada kelompok tani dalam rangka dukung moderinsasi sektor pertanian dan petani maju mandiri.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunung Kidul Bambang Wisnu Broto di Gunung Kidul, Sabtu, mengatakan di era saat ini penggunaan alat-alat pertanian modern dibutuhkan karena banyak petani sudah tua dan untuk mendukung penumbuhan minat petani milenial bergerak di sektor pertanian.

"Pada APBD 2021, kami menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) berupa 140 unit traktor jenis impala, 70 unit cultivator, 8 traktor serta 10 pompa air dari Kementerian Pertanian," kata Bambang Wisnu.

Baca juga: FPRB Gunung Kidul melaksanakan verifikasi lapangan peta bahaya tsunami

Ia mengatakan bantuan alat mesin pertanian ini bisa dimanfaatkaan kelompok tani untuk usaha jasa pelayanan pertanian, sehingga diperoleh percepatan pengolahan lahan untuk mengurangi kehilangan hasil pertanian, serta meningkatkan pendapatan kelompok tani.

"Adapun satu alat mesin pertanian ini mampu menggarap antara 20 hingga 30 hektare lahan," katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY Sugeng Purwanto mengatakaan bahwa penggunaan alat mesin pertanian berdampak pada banyak hal, diantaranya sebagai bentuk efisiensi tenaga kerja, mengantisipasi kehilangan hasil dan percepatan olah tanah dan lainya.

"Sebesar 60 persen lahan pangan DIY ada di Gunung Kidul. Tahun-tahun sebelumnya yang menyelamatkan data pangan ada yakni singkong di Gunung Kidul," katanya.

Baca juga: BIN-Pemkab Gunung Kidul mulai vaksinasi COVID-19 tahap kedua bagi pelajar

Ia berharap dengan adanya bantuan alat mesin pertanian dapat meningkatkan pengolahan pertanian. Hal ini juga bisa menjadi pintu masuk modernisasi pertanian dasar pertimbangan Gunung Kidul sebagai lumbung pangan di DIY, sehingga terwujud efeisiensi Dalam segala hal.

"Kami berharap bantuan alat mesin pertanian ini juga diharapkan mampu mendorong peningkatan produksi pertanian," kataya.

Bupati Gunung Kidul Sunaryanta memberikan apresiasi kepada petani atas peran dalam penyediaan pangan. Petani mampu mendukung ketahahan pangan dan produksi sektor pertanian di Gunung Kidul selalu melimpah, sudah sepantasnya kelompok tani merasa bersyukur mendapatkan bantuan ini, tidak lepas peran dari legeslatif, eksekutif, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

"Kami berharap kelompok tani merawat, serta memanfaatkan dengan semestinya, tidak dialihfungsikan dan dapat membantu produktivitas pertanian di Gunung Kidul," harapnya.