Bupati Sleman mengapresiasi insan kesehatan dalam penanganan COVID-19

id Bupati Sleman Kustini ,Insan kesehatan ,Penanganan COVID-19 Sleman ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Bupati Sleman mengapresiasi insan kesehatan dalam penanganan COVID-19

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo pada Gebyar Husada yang merupakan puncak dari rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 di Kabupaten Sleman, Selasa 30 November 2021. Foto ANTARA/HO-Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kustini Sri Purnomo menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh insan kesehatan setempat dalam penanganan pandemi COVID-19.

"Berkat kerja keras dan kerja sama seluruh pihak, upaya menekan pandemi COVID-19 dapat dilalui dengan capaian yang baik," kata Kustini pada Gebyar Husada yang merupakan puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 di Kabupaten Sleman, Selasa.

Pada kesempatan tersebut Kustini juga menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman, melalui Dinas Kesehatan berkomitmen menjadikan pelaksanaan peringatan HKN ke-57 sebagai momentum untuk bangkit meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Menurut dia, berbagai capaian positif di sektor kesehatan telah diraih Kabupaten Sleman, di antaranya penurunan angka stunting menjadi 6,92 persen dibandingkan tahun 2020, pelaksana terbaik perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) rumah tangga Kategori Kabupaten 2021, sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) kategori Enabling Environment dan STBM berkelanjutan Lima Pilar Kabupaten.

"Kemudian Indeks Keluarga Sehat (IKS) tertinggi pada Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK), dan Tenaga Kesehatan Teladan (dokter dan nutrisionis) tingkat Nasional. Pencapaian tersebut sangat kami apresiasi meskipun di tengah pandemi namun tetap mengukir prestasi tingkat nasional," katanya.

Ia berharap, peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 ini menjadi awal pulihnya berbagai sektor di masyarakat Kabupaten Sleman agar kembali sehat dan kembali tumbuh.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Cahya Purnama mengatakan bahwa Kabupaten Sleman menjadi salah satu daerah yang berhasil menurunkan lonjakan kasus COVID-19 yang disebabkan mutasi virus.

"Namun capaian penurunan kasus COVID-19 di saat ini sebaiknya tetap membuat kita waspada," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga telah berupaya untuk terus mengedepankan kegiatan promotif dan preventif, melalui beberapa program, di antaranya meliputi Germas atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, PIS-PK atau Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, STBM atau Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Kemudian Pecah Ranting Hiburane Rakyat atau Pencegahan Rawan Stunting Hilangkan Gizi Buruk Tingkatkan Ekonomi Rakyat hingga SI Wolly Nyaman, Si Wollbachia Nyamuk Aman Cegah DBD di Kabupaten Sleman.

"Berbagai inovasi dan unggulan tersebut menjadi manifestasi kerjasama baik lintas program maupun dukungan dari lintas sektoral pada setiap jenjang," katanya.

Menurut dia, berkat inovasi tersebut, akhirnya Pemerintah Kabupaten Sleman berhasil mendapatkan apresiasi berupa penghargaan dari Pemerintah Pusat.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024