Wapres : ASN berintegritas dukung keberlanjutan ekosistem antikorupsi

id Wapres,Ma'ruf Amin,antikorupsi,ASN berintegritas

Wapres : ASN berintegritas dukung keberlanjutan ekosistem antikorupsi

Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan sambutan di acara Penganugerahan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani melalui konferensi video dari kediaman resmi wapres di Jakarta, Senin (20/12/2021). ANTARA/HO-Setwapres

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan aparatur sipil negara (ASN) berintegritas dapat mendukung keberlanjutan ekosistem dan budaya antikorupsi di seluruh instansi pemerintah, baik di pusat maupun di daerah.

"Hadirnya aparatur negara yang berintegritas akan mewarnai dan mendukung kelanggengan ekosistem antikorupsi dalam organisasi," kata Wapres di acara Penganugerahan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBM) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui konferensi video dari Jakarta, Senin.

Integritas ASN, sebagai sumber daya manusia di instansi pemerintah, juga menjadi faktor utama bagi kementerian dan lembaga pemerintah non-kementerian (K/L) serta pemerintah daerah (pemda) untuk mewujudkan sistem kerja WBK dan WBBM.

"Kokohnya integritas sumber daya manusia (SDM) menjadi faktor penting dalam membangun unit kerja WBK dan WBBM," tambahnya.



Integritas moral, lanjut Wapres, juga menjadi fondasi dan nilai karakter yang diperlukan bagi instansi pemerintahan untuk membangun kerja sama dan kemitraan berbasis kepercayaan.

Oleh karena itu, Wapres mendorong seluruh instansi pemerintahan di pusat dan daerah untuk dapat membangun ASN yang memiliki kualitas, integritas serta unggul, guna mewujudkan transformasi birokrasi di Indonesia.

"Profil SDM seperti inilah yang terus kita bangun, agar sungguh-sungguh membawa transformasi birokrasi yang signifikan bagi kemajuan bangsa," tegasnya.

Untuk membangun transformasi birokrasi di Tanah Air, Wapres meminta seluruh K/L dan pemda memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam menciptakan dan menjaga keberlangsungan ekosistem antikorupsi.

"Kita harus memperkuat sinergi dan kolaborasi dari hulu sampai ke hilir, dari pencegahan sampai ke penindakan, baik government to government, government to business, maupun business to business," ujar Wapres.

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024