FSC meluncurkan standar sertifikasi SPH Petani-Hutan

id Fsc, hutan, petani, pertanian,sertifikasi ekolabel,SPH,petani hutan

FSC meluncurkan standar sertifikasi SPH Petani-Hutan

Kawasan hutan rakyat yang disertifikasi ekolabel FSC di Bukit Menoreh di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. (FOTO ANTARA/HO-FSC Indonesia)

Bogor (ANTARA) - Organisasi nirlaba global Forest Stewardship Council (FSC) meluncurkan Standar Pengelolaan Hutan (SPH) bagi petani-hutan di Yogyakarta, Selasa (28/6) 2022.

"FSC menerbitkan standar sertifikasi khusus untuk petani hutan yang relevan dengan keadaan para petani-hutan, serta realistis dan dapat dicapai, yang ditulis dalam bahasa sederhana yang dapat dipahami dan dipenuhi oleh para petani-hutan," kata Country Manager FSC Indonesia Hartono Prabowo dalam taklimat media yang dikirimkan kepada ANTARA di Bogor, Jawa Barat, Selasa.

FSC adalah organisasi nirlaba global yang didedikasikan untuk memromosikan pengelolaan hutan yang bertanggung jawab di seluruh dunia.

Berkantor pusat di Bonn, Jerman, sebagai solusi pengelolaan hutan lestari paling terpercaya di dunia, sertifikasi FSC memastikan bahwa hasil hutan dikelola dan dipanen secara bertanggung jawab.

Ia mengatakan hutan rakyat merupakan aset negara yang layak didukung karena memiliki potensi yang besar untuk menopang perekonomian rakyat tanpa mengorbankan kelestarian hutan.

"Sertifikasi merupakan alat untuk mendorong pengelolaan hutan yang berkelanjutan sekaligus meningkatkan produktivitas petani hutan," katanya.

Namun seringkali menjadi momok karena persyaratannya dianggap sulit, padahal kegiatan operasional petani hutan memiliki dampak lingkungan yang rendah dan tingkat risiko yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan pengelolaan hutan skala besar.

Oleh karena itu, katanya, dengan menerbitkan standar sertifikasi khusus untuk petani hutan diharapkan petani-hutan dapat meningkatkan kinerja dan produktivitasnya dalam pengelolaan hutannya secara berkelanjutan, bertanggungjawab dan berkeadilan dengan sertifikasi FSC.


 
Peluncuran Standar Pengelolaan Hutan (SPH) bagi petani-hutan di Yogyakarta, Selasa (28/6/2022) oleh Organisasi nirlaba global Forest Stewardship Council (FSC). FOTO ANTARA/HO-FSC Indonesia





 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: FSC luncurkan standar sertifikasi SPH Petani-Hutan di Yogyakarta