Pemkab Kulon Progo salurkan bantuan bedah rumah tak layak huni

id Aladin ,Bedah rumah ,RTLH ,Kulon Progo

Pemkab Kulon Progo salurkan bantuan bedah rumah tak layak huni

Penjabat Bupati Kulon Progo menyerahkan bantuan rumah tidak layak huni di Girimulyo, Kamis (4/8). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Kulon Progo)

Kulon Progo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo bersama Baznas setempat menyalurkan bantuan bedah rumah tidak layak huni dan atap lantai dinding atau Aladin bagi warga kurang mampu di Desa (Kalurahan) Purwosari dan Jatimulyo.

Penjabat Bupati Kulon Progo Tri Saktiyana di Kulon Progo, Kamis, mengatakan bantuan bedah RTLH ini diharapkan menjadi salah satu upaya mengurangi atau menghapus jumlah RTLH yang di Kabupaten Kulon Progo yang cukup tinggi.

"Ini upaya Pemkab Kulon Progo dan Basnaz bagaimana supaya pada saatnya rumah di Kulon Progo bisa layak huni. Tahap demi tahap kami lakukan, satu demi satu kita lakukan termasuk yang kita lakukan supaya masyarakat memiliki rumah layak huni," kata Tri.

Baca juga: Gunungkidul targetkan rehabilitasi 1.206 unit RTLH

Ia berharap program ini mampu memberikan rumah yang layak huni bagi bermasyarakat Kulon Progo yang memenuhi kaidah kesehatan dan tentunya memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

"Kami juga mengapresiasi peran serta gotong royong swadaya masyarakat guna mensukseskan program tersebut," katanya.

Sementara Lurah/Kades Purwosari Sri Murtini menyampaikan terima kasih atas bantuan renovasi RTLH di wilayahnya.

Bantuan tersebut dirasa sangat berarti bagi para penerima dikarenakan kondisi rumah yang sangat tidak layak ditambah dengan kondisi ekonomi pemilik rumah yang tidak mampu.

"Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Pemkab melalui Baznas Kulon Progo yang telah memberikan bantuan, kondisi rumah seperti yang terlihat memang seperti itu (tidak layak huni), jadi mereka ini betul-betul sangat membutuhkan bantuan tersebut," kata Sri.

Sri menambahkan bahwa warga masyarakat juga siap bergotong royong secara swadaya dalam rangka membantu pelaksanaan program bedah RTLH tersebut.

"Kami berterima kasih atas semangat gotong royong masyarakat yang sangat tinggi. Kami berharap semangat gotong royong ini dilakukan dalam membangun Purwosari," katanya.

Adapun penerima bantuan yaitu atas nama Purwanto, Habib Musthofa dari Kalurahan Purwosari, Tri Ngudiyono, Suwarno dan Sumarni penerima dari Kalurahan Jatimulyo masing-masing menerima bantuan RTLH sebesar Rp20 Juta. Sedangkan satu warga atas nama Suparman dari Kalurahan Purwosari menerima bantuan Aladin sebesar Rp7,5 juta.

Baca juga: Bupati Sleman meresmikan bantuan rehabilitasi RTLH
Baca juga: Pemkab Kulon Progo merehabilitasi 150 unit RTLH pada 2022