Pemkab Bantul: Pantai selatan dikembangkan jadi kawasan ekonomi khusus

id Pantai selatan Bantul,Kawasan ekonomi khusus ,Jalur lintas selatan

Pemkab Bantul: Pantai selatan dikembangkan jadi kawasan ekonomi khusus

Jembatan Kretek II di jalur jalan lintas selatan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. ANTARA/Hery Sidik

Bantul, DIY (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan bahwa pantai selatan daerah di wilayahnya akan dikembangkan menjadi kawasan ekonomi khusus guna meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat pesisir.

"Ini akan menjadi kawasan ekonomi khusus pantai selatan Bantul dan tentu dengan sendirinya nanti akan ada institusi, yang mengelola kawasan," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di Bantul, DIY, Minggu.

Menurut dia, institusi yang mengelola termasuk membangun sarana dan prasarana serta fasilitas di kawasan pantai selatan Bantul bisa dari Pemerintah Daerah (Pemda) DIY maupun dari Kabupaten Bantul.

"Nanti kalau sudah selesai, jelas kunjungan wisata di pantai selatan Bantul dipastikan naik, karena lebih aksesibilitas, wisatawan dari Jawa Timur (Jatim) bisa langsung ke sini, dari Jawa Barat juga langsung ke sini," katanya.

Dia mengatakan hal itu karena jalur jalan lintas selatan (JJLS) di wilayah DIY yang saat ini dalam proses penyelesaian pembangunan segera selesai dan akan terhubung dengan jalur pantai selatan dari Provinsi Banten hingga Provinsi Jawa Timur.

"Berarti, akses menuju objek objek wisata kawasan selatan itu semakin terbuka dan mudah, dekat dengan Yogyakarta dan Yogyakarta Internasional Airport, tentu pemerintah akan mempersiapkan sarana dan prasarana sumberdaya manusia yang akan mengelola objek wisata ini," katanya.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan objek wisata yang ada di kawasan pantai selatan nanti selain ada yang dikelola pemerintah daerah juga ada yang dikelola pemerintah desa melalui kelompok sadar wisata (pokdarwis).

"Kita akan menata lebih komprehensif kawasan pantai selatan, dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat," katanya.

Apalagi, kata Bupati, di wilayah Bantul terdapat Jembatan Kretek II yang menyeberangi Sungai Opak dan telah menjadi bangunan ikonik di Bantul. Jembatan tersebut diresmikan Presiden Joko Widodo pada Jumat (2/6/2023).

"Tahun ini juga Jembatan Srandakan, kemudian kelok 18 akan dibangun tahun ini, sehingga nanti Bantul akan menjadi satu lintasan jalur lintas selatan yang sangat penting, karena ada bangunan ikonik dan dekat dengan wisata Pantai Parangtritis," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024