Kadin-startup bantu UMKM

id Kadin,ukm naik kelas

Kadin-startup bantu UMKM

Suasana penandatanganan nota kesepahaman Kadin dengan perusahaan startup yang akan menjadi mitra Wiki Wirausaha di Jakarta, Rabu (15/6/2023). ANTARA/HO-Kadin.

Jakarta (ANTARA) - Kadin Indonesia menandatangani nota kesepahaman dengan lima perusahaan startup yang akan menjadi mitra Wiki Wirausaha, platform kemitraan digital yang akan menghubungkan berbagai program kemitraan kepada pelaku UKM di Indonesia.

“Di Wiki Wirausaha, kami mengkurasi berbagai program dari lintas lingkup internal Kadin Indonesia, berbagai mitra lembaga dan asosiasi. Hal ini dilakukan demi memudahkan UKM menemukan program dari Mitra Kemitraan Inklusif, Mitra Pelatihan, Mitra Pendanaan dan Mitra Akses Pasar yang dapat membantu mereka untuk naik kelas,” kata Wakil Ketua Umum Bidang Kewirausahaan Kadin Aldi Haryopratomo di Jakarta, Kamis.

Aldi menjelaskan, lingkup dari kerjasama dengan startup Fazz, Hacktiv8, PINTAR, ASEAN Innovation Business Platform (AIBP), serta Best of Indonesia (BOI) ini, diantaranya mencakup peningkatan akses pengetahuan bagi UMKM melalui beragam modul pelatihan, akses pasar melalui marketplace digital, hingga pendampingan akses pasar untuk wilayah ASEAN, Asia dan Eropa.

“Semoga apa yang kita mulai pada hari ini dapat memberikan dampak positif sebanyak-banyaknya bagi UKM di Indonesia. Tentunya kami juga berharap platform ini dapat bertumbuh lagi dan membangun konektivitas dengan berbagai pihak bukan hanya di Indonesia tapi juga kawasan Asia Tenggara dan dunia,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua Komite Tetap Usaha Mikro Kadin Grace Adoe, menyampaikan adanya kolaborasi tersebut diharapkan dapat membantu UMKM mendapatkan akses terhadap berbagai program dan peluang yang disediakan lima startup.


 

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kadin gandeng 5 startup jadi mitra untuk bantu UKM naik kelas
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024