Pemberdayaan PKK diharapkan menginspirasi warga tingkatkan kualitas keluarga

id Pemkab Bantul ,Peringatan HKG PKK ,Tingkatkan kualitas hidup keluarga

Pemberdayaan PKK diharapkan menginspirasi warga tingkatkan kualitas keluarga

Kegiatan Gebyar Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dalam Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA/HO-Kominfo Pemkab Bantul)

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berharap Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dapat menginspirasi masyarakat untuk lebih aktif berperan dalam pembangunan dan meningkatkan kualitas hidup keluarga.

"Selain itu, acara ini (Peringatan Ke-51 Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, red.) juga menjadi momen penting untuk memperkuat sinergi antara pemerintah daerah, masyarakat, dan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi kemajuan dan pemberdayaan di Bantul," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul Agus Budi Rahardjo dalam keterangan tertulis pemkab pada Peringatan Ke-51 Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) Tahun 2023 di Bantul, Jumat.

Dia juga mengharapkan PKK sebagai agen perubahan yang efektif dapat mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul.

"Dengan memberikan kesempatan dan sumber daya yang diperlukan maka kehadiran PKK dapat ikut membantu mengurangi kesenjangan ekonomi serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," katanya.

Untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan membangun jaringan kemitraan dengan organisasi perangkat daerah, dia mengharapkan PKK dapat memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana berkoordinasi dalam penyusunan laporan dan pemantauan kegiatan PKK.

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Bantul Emi Masruroh Halim mengatakan pada umur yang sudah setengah abad ini HKG PKK memiliki tujuan memantapkan 10 Program Pokok PKK berdasarkan kondisi di masing-masing wilayah.

"Dalam rangka menyukseskan prioritas pembangunan seperti yang tercantum dalam rencana pembangunan daerah, PKK bersinergi dengan pemkab menggelar peringatan HKG PKK ke-51 dengan tema 'Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Mewujudkan Indonesia Tumbuh'," katanya.

Dengan berbagai permasalahan di masyarakat, PKK diharapkan dapat menjadi organisasi yang mempunyai solusi dalam permasalahan tersebut.

"Sudah banyak program yang dilakukan PKK, antara lain pada saat pandemi COVID-19 dengan Program Gebrak Masker PKK, membangun literasi digital yang sehat di kalangan generasi muda, pengelolaan sampah, menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan lain-lain," katanya.