Karya anak muda Papua di PYCH dipuji Sandiaga Uno

id Menparekraf, Sandiaga Uno,Papua Street Carnival, anak muda papua, PYCH

Karya anak muda Papua di PYCH dipuji Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. ANTARA/HO-PYCH

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi karya para anak muda Papua yang tergabung dalam Papua Youth Creative Hub (PYCH), binaan Badan Intelijen Negara (BIN).

"Baju yang saya pakai adalah baju PYCH, dan kebetulan juga dikelola oleh teman-teman pelaku ekonomi kreatif muda di PYCH. Saya sudah memakai karya binaan para pelaku ekonomi kreatif dalam binaan BIN," kata Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Hal itu disampaikan Sandi usai workshop KaTa Kreatif di gedung PYCH, Jayapura, Papua. Sandi memakai pakaian berwarna biru dengan desain dan motif yang menggambarkan keindahan dan khas Papua.

Sandi juga turut memberikan baju batik karya anak muda PYCH kepada Pj. Bupati Kabupaten Jayapura Triwarno Purnomo yang hadir dalam acara worskhop KaTa Kreatif tersebut. Turut hadir Staf khusus Presiden Billy Mambrasar dan sejumlah pejabat dan tokoh lainnya.

Produk-produk anak muda PYCH, termasuk busana akan ditampilkan dalam acara Papua Street Carnival. Papua Street Carnival ini diadakan oleh Kemenparekraf RI berkolaborasi dengan PYCH, yang merupakan binaan BIN.

Dalam waktu yang tidak terlalu lama, kata dia, acara ini dapat mengejar prestasi acara serupa seperti Rio Street Carnival di Brasil atau Mardi Gras Festival di Amerika Serikat.

Di Indonesia, acara ini dapat menjadi mirip dengan Jember Fashion Carnaval yang ada di Jawa Timur. Bahkan, menurut Sandi, banyak acara serupa yang sukses diadakan di luar negeri.

Papua Street Carnival mengangkat tema Papua Extravaganza (The East Great Spirit) ini akan menampilkan ribuan pelaku ekonomi kreatif, ribuan pengisi acara, ratusan parade busana, ratusan pameran UMKM kreatif, ratusan perahu hias, hingga karnaval. Mereka akan menampilkan beragam karya dan warisan budaya Papua yang kaya, indah, dan unik.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menparekraf apresiasi karya anak muda Papua di PYCH