Uni Afrika harus jadi anggota G20 di KTT India, harapan Putin

id KTT Rusia-Afrika,G20,Presiden Putin,Uni Afrika

Uni Afrika harus jadi anggota G20 di KTT India, harapan Putin

Arsip - Presiden Rusia Vladimir Putin berjabat tangan dengan Ruhakana Rugunda, Utusan Khusus Presiden Uganda, setelah pertemuan dengan delegasi para pemimpin Afrika untuk membahas usulan mereka untuk pembicaraan damai antara Rusia dan Ukraina, di Saint Petersburg, Rusia 17 Juni 2023. ANTARA/Yevgeny Biyatov /Host agen foto RIA Novosti via REUTERS/pri. (via REUTERS/HOST PHOTO AGENCY RIA NOVOSTI)

Istanbul (ANTARA) - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis mengatakan bahwa dia berharap Uni Afrika (AU) dapat menjadi anggota G20 pada awal September selama KTT organisasi tersebut di India.

Putin mengatakan Rusia adalah salah satu negara pertama yang menanggapi secara positif inisiatif tahun lalu yang diajukan oleh Presiden Senegal untuk memberikan Uni Afrika keanggotaan penuh dalam G20.

"Kami berharap keputusan ini akan dibuat paling cepat pada September selama KTT G20 di New Delhi,” kata Putin dalam pertemuan dengan Ketua AU Azali Assoumani dan Ketua Komisi AU Moussa Faki Mahamat di St. Petersburg.

G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 20 negara dengan perekonomian besar di dunia. G20 terdiri atas 19 negara utama dan Uni Eropa (EU).

Anggota G20 meliputi Afrika Selatan, AS, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brazil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Korea Selatan, Rusia, Prancis, China, Turki, dan Uni Eropa.

Putin mengatakan Rusia memandang AU sebagai organisasi regional yang memelopori pembentukan struktur keamanan Afrika dan mempersiapkan langkah-langkah agar benua itu masuk ke “dalam sistem ekonomi global.”

Putin lebih lanjut mengatakan bahwa negaranya siap melakukan segala upaya untuk membantu memperkuat kedaulatan negara-negara Afrika, dan menjadikan Afrika sebagai salah satu mitra utama dalam sistem baru tatanan dunia multipolar, saat kekuatan dunia terbagi ke banyak aktor yang saling bersaing demi kepentingan pribadi.

Sumber: Anadolu


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Putin harap Uni Afrika jadi anggota G20 pada KTT India
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024