DIY targetkan 10 ribu wirausaha dukung pemerintah cetak sejuta wirausaha

id DIY target wirausaha ,Cetak satu juta wirausaha baru ,Entaskan kemiskinan

DIY targetkan 10 ribu wirausaha dukung pemerintah cetak sejuta wirausaha

Produk kerajinan batik merupakan salah satu produk industri kreatif dari Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan pertumbuhan sebanyak 10 ribu wirausaha hingga 2024 di seluruh kabupaten/kota provinsi ini untuk mendukung program pemerintah yang mencetak satu juta wirausaha baru hingga tahun depan.

"Target pemerintah untuk tahun 2024 adalah mencetak satu juta wirausaha, sekarang di DIY hingga tahun 2024 mentargetkan 10 ribu wirausaha," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi di Kabupaten Bantul, Sabtu.

Upaya yang dilakukan pemerintah daerah adalah dengan memfasilitasi dan mendukung penuh kegiatan yang dapat melindungi dan membangkitkan kreativitas pelaku UMKM, seperti pameran bertajuk Bantul Creative Expo pada 27 Juli sampai 6 Agustus 2023 di Pasar Seni Gabusan Bantul.

"Dan di situ hadir calon-calon wirausaha yang akan mendukung mensukseskan tercapainya satu juta wirausaha," katanya.

Dia mengatakan, untuk di wilayah DIY yang meliputi empat kabupaten dan satu kota sudah mencapai 3,58 persen dari target 10 ribu wirausaha, dan ke depan masih ada harapan hingga 2024 untuk menumbuhkan lagi sebanyak 9.500 wirausaha.

"Untuk wirausaha baru ini dimana target yang tertuang dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) kita empat persen, dan sekarang baru mencapai 3,6 persen," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, artinya rasio kewirausahaan adalah bagian yang terus pemerintah daerah dorong bagaimana wirausaha, para pelaku UMKM yang sudah dibantu tenaga-tenaga kerja tersebut nantinya bisa mencetak wirausaha baru.

"Yang tentu ujung-ujungnya pasti bagaimana pengentasan kemiskinan dan bagaimana mengurangi pengangguran dengan terciptanya wirausaha," katanya.

Dalam mewujudkan wirausaha baru di DIY, kata dia, tentunya membutuhkan komitmen bersama dengan pemerintah kabupaten, termasuk dari Pemkab Bantul, yang sudah menumbuhkembangkan wirausaha dari desa-desa.

"Pastinya kami juga butuh dukungan komitmen dari kita semua, kami punya sistem Sibakul yang sebagian besar yang masuk dari Bantul, dan ada 19 desa preneur yang pastinya butuh dukungan dari wilayah yang ada di Bantul," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: DIY target 10 ribu wirausaha dukung pemerintah cetak sejuta wirausaha