Didafarkan ke KEN, Drama Kolosal Perobekan Bendera Surabaya

id perobekan bendera,drama kolosal,pemkot surabaya,KEN Kemenparekraf,Drama Kolosal Perobekan Bendera didaftarkan ke KEN,Per

Didafarkan ke KEN, Drama Kolosal Perobekan Bendera Surabaya

Drama Kolosal Refleksi Perobekan Bendera di depan Hotel Majapahit Kota Surabaya, Minggu (17/9/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

Surabaya (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mendaftarkan Drama Kolosal Refleksi Perobekan Bendera ke dalam Kharisma Event Nasional (KEN) milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

"Sudah didaftarkan. Jadi yang kami daftar kan adalah drama kolosal perobekan bendera dan Parade Bunga. Nanti, Parade Juang 10 November kami daftarkan juga," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat mengikuti Drama Kolosal Refleksi Perobekan Bendera di depan Hotel Majapahit Surabaya, Minggu sore.

Wali Kota Eri berharap, nantinya semakin banyak event bersejarah di Kota Pahlawan yang masuk ke KEN Kemenparekraf. Sementara yang sudah masuk KEN saat ini adalah Festival Rujak Uleg. Event tersebut didaftarkan tahun lalu.

Menurutnya, dengan banyaknya unsur yang dilibatkan dalam gelaran tersebut, semakin menambah antusiasme masyarakat yang menyaksikan. Seperti melibatkan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), seniman, komunitas sejarah, pelajar, mahasiswa, paduan suara, hingga kelompok orkestra.

"Jadi setiap tahun berbeda sehingga bisa menarik dan Alhamdulillah yang menyaksikan bukan hanya warga Surabaya tapi dari luar Surabaya juga banyak, mancanegara dan tamu hotel banyak yang menyaksikan," ujarnya.

Apalagi, dengan hadirnya Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), Wali Kota Eri lantas menjelaskan, keberadaan mereka menjadi bukti bahwa masyarakat Kota Surabaya harus mengingat perjuangan para pahlawan dalam memperebutkan Kemerdekaan Bangsa Indonesia.