Israel serbu Al Aqsa, warga Palestina protes

id israel,palestina,hamas,al aqsa

Israel serbu Al Aqsa, warga Palestina protes

Arsip - Tentara Zionis Israel menyeret warga Palestina yang sedang beribadah di Masjid Al-Aqsa di tengah Bulan Suci Ramadhan (Foto: ANTARA/Istimewa)

Gaza (ANTARA) - Ribuan warga Palestina berunjuk rasa di Gaza pada Senin untuk memprotes penyerbuan oleh pemukim Israel ke komplek masjid Al-Aqsa di wilayah Yerusalem Timur yang diduduki.

Unjuk rasa itu dilakukan di kamp pengungsian Jabalia di utara Gaza atas seruan kelompok perlawanan Hamas, yang telah menguasai Gaza sejak 2007.

Saat unjuk rasa berlangsung, pemimpin senior Hamas Mushir al-Masri mengatakan Israel berupaya untuk memaksakan realitas baru di Masjid Al-Aqsa.

"Kami tidak akan mengizinkan penjajah (Israel) untuk melanggar Al-Aqsa atau memaksakan rencana apa pun terhadapnya," kata al-Masri.

Dia menegaskan bahwa penyerangan yang terus menerus oleh pemukim ke Masjid Al Aqsa "akan memicu seluruh wilayah."

Sebelumnya pada Senin, Departemen Wakaf Islam yang dikelola Yordania menyebutkan dalam pernyataan bahwa sebanyak 1.142 pemukim Israel yang dikawal polisi memaksa masuk komplek Masjid Al Aqsa melalui Gerbang Al-Mughrabi untuk merayakan hari raya Yahudi Sukkot.

Sumber: Anadolu

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ribuan warga Palestina protes serbuan warga Israel ke Al Aqsa
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024