Dukung iklim usaha kondusif, digitalisasi layanan bank sentral

id BI,layanan kebanksentralan,digitalisasi

Dukung iklim usaha kondusif, digitalisasi layanan bank sentral

Dokumentasi. Gubernur BI Perry Warjiyo menyampaikan keynote speech dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi (TP2DD) di Jakarta, Selasa (3/10/2023) (ANTARA/Bayu Saputra)

Jakarta (ANTARA) - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan digitalisasi layanan kebanksentralan penting dilakukan untuk mendukung iklim usaha yang kondusif.

"Layanan ini esensial bagi peran BI dalam menjaga stabilitas. Kestabilan ini penting bagi iklim usaha yang kondusif, sehingga mendorong investasi dan pertumbuhan," kata Perry dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu.

Layanan kebanksentralan BI mencakup layanan perizinan terpadu, layanan penyelesaian transaksi pemerintah dan penyelesaian transaksi tresuri. Menurut Perry, layanan kebanksentralan memerlukan sinergi dan transformasi yang didukung digitalisasi.

"Sinergi dan kolaborasi antara bank sentral, pemerintah, otoritas kebijakan dan sektor industri dibutuhkan untuk meningkatkan layanan kebanksentralan dan mendorong penerapan inovasi teknologi sangat dibutuhkan dalam menghadapi kemajuan ekonomi digital saat ini," ujarnya.

Hal tersebut disampaikan Perry dalam summit event Central Banking Services Festival (CBFest) 2023 di Bali yang berlangsung 3 dan 4 Oktober 2023. CBFest 2023 termasuk dalam side event Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 sebagai bentuk upaya mewujudkan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan (the epicentrum of growth).

Ia menuturkan saat ini transformasi layanan kebanksentralan direalisasikan dengan penguatan implementasi kebijakan Bank Indonesia dan penyederhanaan integrasi layanan perizinan. Implementasinya akan memberikan kemudahan bagi dunia usaha dengan tetap mengedepankan aspek tata kelola yang baik dan mitigasi risiko.

Sementara digitalisasi layanan kebanksentralan diwujudkan dalam fitur monitoring dan tracking proses perizinan dalam aplikasi e-Licensing dan logo e-Licensing yang diluncurkan BI dalam acara summit event CBFEst 2023 guna transparansi yang lebih baik.

"Inovasi ini merupakan penyempurnaan yang berkesinambungan untuk meningkatkan pelayanan perizinan Bank Indonesia yang profesional, akuntabel, simpel, transparan, dan informatif," tuturnya.

CBFest 2023 mengangkat tema Leveraging Digital Central Banking Services for Economic Recovery. CBFest merupakan kegiatan tahunan BI untuk memperkuat layanan kebanksentralan kepada pemangku kepentingan dan mitra strategisnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BI: Digitalisasi layanan kebanksentralan dukung iklim usaha kondusif
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024