Dongkrak sektor pariwisata Jakarta, ajang Piala Dunia U-17

id Jakarta International Stadium,Piala Dunia U-17,FIFA World Cup U-17

Dongkrak sektor pariwisata Jakarta, ajang Piala Dunia U-17

Pengunjung melihat suvenir resmi Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 di Juaraga Store, FX Sudirman, Jakarta, Jumat (3/11/2023). Beragam suvenir mulai dari pakaian hingga boneka maskot yang dibuat dengan melibatkan UMKM di Tanah Air tersebut mulai dipasarkan menjelang pembukaan Piala Dunia U-17 pada 10 November 2023. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.

Jakarta (ANTARA) - Pelaksanaan Piala Dunia U-17 2023 telah memicu peningkatan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Jakarta.

Dampak positif tersebut tentunya tidak dapat dipisahkan dengan ditunjuknya Jakarta International Stadium (JIS) menjadi salah satu venue dengan jumlah pertandingan terbanyak dalam turnamen internasional yang pertama kali diadakan di Indonesia ini.

“Pagelaran ini pasti mendatangkan traffic. Pasti ada dampak terhadap hotel, restoran, hingga pembelian oleh-oleh. Jadi, setiap ada event tentunya akan memberikan dampak positif kepada ekonomi sekitar,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran DKI Jakarta Sutrisno Iwantono, dalam keterangan resmi kepada pewarta, Selasa.

Selama perhelatan Piala Dunia, JIS secara keseluruhan menggelar 16 pertandingan mulai dari babak fase grup hingga babak perempat final. JIS menjadi stadion dengan perhelatan pertandingan terbanyak di bandingkan tiga stadion lainnya, yakni Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Manahan, dan Stadion Gelora Bung Tomo.

Sutrisno melanjutkan, PHRI DKI Jakarta telah meminta kepada para anggotanya untuk memanfaatkan momentum ini dengan maksimal. Atas dasar itu, aspek pelayanan harus dijaga para pengelola hotel.

"Kami mengimbau untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dan mematuhi aturan yang telah ditetapkan pemerintah. Masing-masing hotel tentunya mempunyai strategi untuk meningkatkan penjualannya," kata Sutrisno.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2022, Jakarta tercatat memiliki 402 hotel. Dengan rincian 24 hotel bintang satu, 85 hotel bintang dua, 169 hotel bintang tiga, 71 hotel bintang empat, dan 53 hotel bintang lima. Dari sisi okupansi, hingga per September 2023, Tingkat Penghunian Kamar (TPK) pada hotel bintang lima di Jakarta mencapai 58,99% atau meningkat 9,1% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (year on year) sekitar 54,03%. Khusus bulan November ini, okupansi hotel tersebut diperkirakan akan bertambah seiring dengan banyaknya event internasional mulai dari gelaran Piala Dunia U-17 di JIS hingga konser Coldplay di Stadion Gelora Bung Karno.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pelaksanaan PD U-17 picu peningkatan sektor pariwisata Jakarta
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024