BRIN usul pembentukan Komite Cuaca Ekstrem di Indonesia

id brin,komite cuaca ekstrem,cuaca ekstrem,perubahan iklim

BRIN usul pembentukan Komite Cuaca Ekstrem di Indonesia

Peneliti Iklim dan Atmosfer BRIN Erma Yulihastin memaparkan hasil riset tentang fenomena cuaca ekstrem dalam sebuah diskusi yang digelar di ruang Media Lounge BRIN, Gedung BJ Habibie, Jakarta Pusat, Rabu (31/1/2024). (ANTARA/Sugiharto Purnama)

Jakarta (ANTARA) - Periset Iklim dan Atmosfer BRIN Erma Yulihastin mengusulkan agar Indonesia membentuk Komite Cuaca Ekstrem untuk memitigasi dan mengantisipasi dampak cuaca ekstrem yang semakin meluas akibat perubahan iklim.
 
"Di luar negeri, kita dapat mencontoh negara-negara federal di Amerika Serikat yang memiliki Komite Khusus Cuaca Ekstrem beranggotakan ilmuwan, prakirawan, politisi yang merupakan wakil pemerintah pusat dan pemerintah daerah setempat, serta menggandeng media, LSM, dan relawan," kata Erma di Jakarta, Rabu.
 
Erma menjelaskan komite itu bisa dibuat dalam sebuah program strategis nasional yang dinamakan Bangsa Siaga Cuaca atau Weather-Ready Nation (WRN) yang sebenarnya juga diinisiasi oleh badan cuaca dunia, yaitu World Meteorological Organization (WMO).
 
Tujuan utama WRN tak sekadar memperkuat hilirisasi informasi peringatan dini cuaca ekstrem semata, tapi juga melakukan edukasi secara intensif dan meluas kepada publik.
 
Menurutnya, komite tersebut juga dapat merumuskan program-program penting untuk edukasi publik, membangun simpul-simpul relawan yang efektif dan berdaya jangkau luas dengan engagement yang signifikan, serta secara aktif bekerja terus menerus dalam membangun kesadaran publik.
 
"Berbeda dengan jenis bencana alam lain seperti gempa dan tsunami, cuaca ekstrem adalah jenis bencana alam yang paling dinamis dan paling sering terjadi, sehingga butuh terus-menerus untuk keep up to date," kata Erma.
 
"Bahkan informasi prediksi cuaca ekstrem pun harus terus-menerus diperbarui idealnya dua kali dalam sehari, mengikuti dinamika cuaca yang berubah-ubah setiap waktu," imbuhnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Periset BRIN usul pembentukan Komite Cuaca Ekstrem
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024