Investasi di Danau Toba, Sumut, Rp8 triliun, papar Luhut

id Investasi Toba,Kemenkomarves,investasi di toba

Investasi di Danau Toba, Sumut, Rp8 triliun, papar Luhut

Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Odo Manuhutu (tengah) memberi keterangan dalam konferensi pers di Kantor Pusat InJourney, Jakarta, Senin (19/2/2024). ANTARA/Putu Indah Savitri

Jakarta (ANTARA) - Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Odo Manuhutu mengatakan bahwa investasi di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara lebih dari Rp8 triliun dalam kurun waktu 5–6 tahun terakhir.

“Investasi pemerintah lebih dari Rp8 triliun selama 5–6 tahun terakhir,” ujar Odo dalam konferensi pers di Kantor Pusat InJourney, Jakarta, Senin.

Berbagai investasi tersebut berkontribusi dalam pembangunan sejumlah infrastruktur yang menunjang Danau Toba sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas. Pada 7–8 tahun lalu, kata Odo, hanya terdapat satu bandara di Medan, Sumatera Utara.

Saat ini, kata dia, sudah terdapat bandara di Silangit, Sumatera Utara, serta pada akhir tahun 2024 akan ada pembukaan bandara di Sibisa, Sumatera Utara.

Selain itu, Odo juga memaparkan bahwa pemerintah membangun jalan tol dan 13 pelabuhan baru di sekitar Danau Toba.

“Selain kami investasi di berbagai infrastruktur, yang penting adalah pelatihan terhadap masyarakat di Danau Toba mengenai hospitality,” kata Odo.

Odo menjelaskan bahwa infrastruktur dasar, seperti jalan dan bandara memang penting. Akan tetapi, menurut dia, yang lebih penting adalah soft infrastructure seperti masyarakat yang lebih ramah.

“Seperti kalau kita ke Jogja atau Bali. Itu (pelatihan hospitality) butuh waktu,” kata Odo.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenkomarves: Investasi di Toba lebih dari Rp8 triliun selama 5 tahun
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024