Pemerintah memfasilitasi 17 penyandang disabilitas mudik gratis jalur udara

id Kemenhub,mudik gratis,disabilitas,penerbangan

Pemerintah memfasilitasi 17 penyandang disabilitas mudik gratis jalur udara

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi Endah Murni (dua kanan baris kedua) bersama belasan penyandang disabilitas saat pelepasan "Mudik Inklusi Ramah Disabilitas melalui Angkutan Udara" di Jakarta, Kamis (4/4/2024). ANTARA/Harianto

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan operator penerbangan memfasilitasi 17 penyandang disabilitas melakukan mudik gratis Lebaran 2024 melalui jalur transportasi udara.

"Ini ada 17 orang (penyandang disabilitas yang difasilitasi mudik gratis), berbagai macam maskapai penerbangan, supaya semua maskapai bersinergi, rutenya juga berbagai daerah," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi Endah Murni saat pelepasan "Mudik Inklusi Ramah Disabilitas melalui Angkutan Udara" di Jakarta, Kamis.

Kristi mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen memberikan pendampingan kepada belasan penyandang disabilitas, sehingga dapat merasa aman dan nyaman selama pemberangkatan, penerbangan, hingga sampai ke kota atau daerah yang dituju.

"Supaya teman-teman juga nyaman karena moto mudik kita yaitu 'Mudik Ceria Penuh Makna', tetapi kita ada juga kenyamanan. Jadi, untuk keberangkatan, ketibaan saya mohon untuk sangat diperhatikan, untuk membuat nyaman teman-teman, ini adalah bagian dari persahabatan kita," ucapnya.

Kristi mengaku ke depan pihaknya akan menggandeng mitra penerbangan seperti Angkasa Pura I, Angkasa Pura II dan Airnav, sehingga para penyandang disabilitas bisa lebih banyak yang menikmati mudik gratis baik saat Lebaran maupun ketika Natal dan tahun baru.

"Kalau ini memang hanya 17, karena memang baru dua bulan yang lalu kami mendengar yang ini. Nanti, kami akan libatkan stakeholder udara untuk ini, karena menurut saya ini bagus, ini sebagai persahabatan," katanya.

.

Catur Sigit Nugroho, salah satu penyandang disabilitas, menerima mudik gratis Idul Fitri 1445 Hijriah melalui jalur udara di Jakarta, Kamis (4/4/2024). ANTARA/Harianto
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenhub fasilitasi 17 penyandang disabilitas mudik gratis jalur udara
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024