250 siswa SMP Yogyakarta peroleh Kartu Cerdas

id 250 siswa smp

250 siswa SMP Yogyakarta peroleh Kartu Cerdas

Jogja (Antara Jogja) - Sebanyak 250 siswa SMP di Kota Yogyakarta khususnya siswa dari keluarga tidak mampu yang belum memiliki jaring pengaman sosial memperoleh Kartu Cerdas sehingga berhak menerima bantuan keuangan.

"Kartu Cerdas adalah program dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olaharga (Dikpora) DIY dan Kota Yogyakarta memperoleh kuota 250 siswa SMP," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Edy Heri Suasana di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, setiap siswa SMP dari keluarga tidak mampu tersebut akan menerima bantuan dana sebesar Rp1,26 juta yang dikelola melalui sekolah. "Bantuan sudah siap dicairkan," katanya.

Kartu tersebut, lanjut dia, tidak hanya diberikan untuk siswa SMP tetapi juga untuk siswa SMA, namun hingga kini Kota Yogyakarta belum dapat memastikan jumlah siswa SMA yang akan memperoleh bantuan.

"Kami sedang meminta sekolah untuk melakukan pendataan siswa yang membutuhkan bantuan. Proses pendataan untuk siswa SMP dan SMA sama," katanya.

Sekolah diminta menjaring siswa dari keluarga kurang mampu yang belum memiliki jaminan apapun. Siswa tersebut tidak hanya berasal dari dalam Kota Yogyakarta saja, tetapi bisa berasal dari siswa luar kota dari DIY.

Data siswa tersebut kemudian diverifikasi, agar tidak ada siswa yang terdata dua kali. "Misalnya saja siswa dari Kota Yogyakarta yang memperoleh kartu menuju sejahtera (KMS) tidak akan memperoleh bantuan ini," katanya.

Pemerintah Kota Yogyakarta, lanjut dia, telah memberikan bantuan berupa jaminan pendidikan daerah (JPD) untuk siswa dari keluarga pemegang KMS. Jumlah bantuan yang diberikan pun lebih besar.

Edy berharap, bantuan yang diterima siswa SMP atau SMA yang belum memiliki jaring pengamana sosial apapun tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik.

"Siswa dari keluarga kurang mampu yang tidak memperoleh bantuan apapun dari pemerintah biasanya cukup rentan putus sekolah. Kami berharap, bantuan ini bisa menekan angka putus sekolah itu," katanya.

(E013)

Pewarta :
Editor: Regina Safrie
COPYRIGHT © ANTARA 2024