Kemtan berikan traktor pada petani Kulon Progo

id traktor

Kemtan berikan traktor pada petani Kulon Progo

ilustrasi (fotoantara/herysidik)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia menyerahkan traktor bantuan Dirjen Sarana Prasarana Pertanian Kementerian Pertanian kepada kelompok petani di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Petani adalah ujung tombak perekonomian di desa. Dengan bantuan traktor ini diharapkan bisa meningkatkan produksi pertanian yang lahannya semakin menyempit," kata anggota Komisi IV DPR RI Ambar Tjahyono di Kulon Progo, Selasa.

Ambar mengharapkan alat pertanian tersebut agar dimanfaatkan secara berkelompok dan terlebih alat bantuan ini jangan sampai dijual. Selain itu petani juga diharapkan bisa merawat alat dengan baik.

"Bantuan sarana prasarana pertanian ini akan bisa mempercepat pertumbuhan pertanian dan pada akhirnya desa bisa menjadi usat pertumbuhan ekonomi," kata Ambar.

Kepala Dinas Pertanian DIY Sasongko meminta petani agar bisa memanfaatkan dan memelihara alat pertanian bantuan ini dengan baik.

Menurut Sasongko pencatatan jam kerja alat perlu dilakukan agar diketahaui kapan traktor harus ganti oli. Ia juga berpesan agar �traktor tidak dimanfaatkan sendiri tetapi digunakan secara kelompok.

"Lebih baik traktor rusak karena untuk bekerja dari pada rusak karena menganggur," katanya.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengatakan bantuan alat pertanian ini sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani.

Hal ini seperti yang diupayakan pemerintah dengan memberikan bantuan sarana prasana produksi sampai pemasaran produksi hasil pertanian.

"Rasanya ironis apabika Kulon Progo yang surplus beras harus mengkonsumsi beras impor karena dengan raskin yang diuntugkan justru tengkulak. Untuk itu kami mohon dukungannya raskin kita ganti dengan rasda. Berasnya lebih enak dan petani yang diuntungkan," katanya.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024