KPU Bantul mulai persiapan pelaksanaan Pemilukada 2015

id kpu bantul mulai

KPU Bantul mulai persiapan pelaksanaan Pemilukada 2015

Ketua KPU Bantul M Johan Komara (Foto Antara/Heri Sidik)

Bantul (Antara Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai melakukan persiapan untuk pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah di wilayah ini yang rencananya digelar Mei 2015.

"Saat ini KPU Bantul sedang pada tahapan persiapan yaitu merencanakan program, anggaran, jadwal serta menyusun tata kerja dan pedoman teknis pelaksanaan," kata Ketua KPU Bantul Muhammad Johan Komara di Bantul, Rabu.

Ia mengatakan, berbagai tahapan Pemilukada meliputi penetapan daftar pemilih, pendaftaran dan penetapan pasangan calon, kampanye, pemungutan dan penghitungan suara, penetapan pasangan calon terpilih, pengesahan dan pelantikan.

"Sesuai Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2010 tahapan Pemilukada harus sudah dimulai paling lama 210 hari sebelum hari dan tanggal pemungutan suara," katanya.

Sementara itu, kata dia setelah penetapan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilukada dilanjutkan dengan pengumuman pencalonan pasangan calon peserta Pilkada, yang mana diperkirakan dimulai sekitar awal Januari 2015.

"Namun untuk detail tahapan dan jadwalnya masih kami olah, dan nanti akan kami tuangkan dalam Surat Keputusan (SK) KPU Bantul, harapannya dapat selesai dalam dua bulan ke depan," katanya.

Adapun peserta Pemilukada adalah pasangan calon Bupati dan wakil bupati yang diusulkan oleh partai politik (parpol) atau gabungan beberapa parpol, kemudian pasangan calon perseorangan yang didukung oleh beberapa orang.

Sementara itu kata dia, Pemilukada Bantul yang rencananya digelar pada 23 Mei 2015 atau hari Minggu tersebut kemungkinan pelaksannannya secara serentak dengan Pemilukada Sleman dan Gunung Kidul sebagaimana pelaksanaan Pilkada sebelumnya pada 23 Mei 2010.

"KPU DIY akan memfasilitasi untuk penentuan hari dan tanggal pemungutan suara, khususnya untuk Bantul, Sleman dan Gunung Kidul, sebagaimana pelaksanaan Pilkada 2010 serentak di tiga kabupaten itu," katanya.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024