Sejumlah pasar tradisional mulai gelar belanja berhadiah

id sejumlah pasar tradisional

Sejumlah pasar tradisional mulai gelar belanja berhadiah

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Jogja (Antara Jogja) - Sejumlah pasar tradisional di Kota Yogyakarta mulai menyelenggarakan promo belanja berhadiah guna mendongkrak kunjungan dan omzet pedagang.

"Sudah ada tiga pasar yang mengawali promo belanja berhadiah sejak awal pekan ini. Pasar yang lain akan segera mengikuti dan pada akhirnya seluruh pasar tradisional di Yogyakarta menggelar kegiatan ini," kata Kepala Bidang Pengembangan Dinas Pengelolaan Pasar (Dinlopas) Kota Yogyakarta Rudy Firdaus di Yogyakarta, Rabu.

Tiga pasar yang sudah menyelenggarakan kegiatan promo belanja berhadiah tersebut adalah Pasar Beringharjo sisi Timur, Beringharjo sisi Barat dan Pasar Sentul.

Pada Kamis (30/7), Pasar Beringharjo sisi Tengah akan mulai menyelenggarakan promo belanja berhadiah dan pada Jumat (31/7) ada tiga pasar lain yang mengikuti.

Rudy menyatakan, setiap pasar menyelenggarakan promo belanja berhadiah tersebut secara mandiri sehingga hadiah undian yang akan diberikan kepada pembeli pun disiapkan sendiri oleh pedagang.

"Kami memberikan kebebasan kepada pedagang untuk menetapkan waktu penyelenggaraan promo belanja berhadiah. Rata-rata tiap pasar menyelenggarakan kegiatan ini selama sekitar satu bulan," katanya.

Pembeli akan memperoleh kupon setiap kali melakukan transaksi belanja Rp50.000 atau kelipatan untuk belanja konveksi, sedangkan untuk belanja kuliner akan diberikan kupon setiap pembelanjaan Rp15.000.

"Karena diselenggarakan secara mandiri oleh tiap pasar, maka tidak ada `grand prize` utama. Hadiah diundi di tiap-tiap pasar. Puncak kegiatan ini adalah saat hari ulang tahun Kota Yogyakarta pada Oktober," katanya.

Rudy menjelaskan, kegiatan promo belanja pasar berhadiah tersebut mampu mendongkrak jumlah pengunjung dan omzet pedagang, apalagi pada Agustus hingga Oktober biasanya kondisi pasar tidak terlalu ramai.

"Harapannya, bisa mendongkrak jumlah kunjungan dan omzet pedagang hingga 10 persen dibanding hari biasa," katanya.

(E013)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024