Kamis, 17 Agustus 2017

Pertamina bekali keterampilan otomotif siswa SMK Sedayu

id otomotif
Pertamina bekali keterampilan otomotif siswa SMK Sedayu
Pertamina Retail latih keterampilan otomotif siswa SMK Sedayu Bantul, DIY (Foto Antara/Hery Sidik)
Bantul (Antara Jogja) - PT Pertamina Retail bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar pelatihan keterampilan otomotif bagi para siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sedayu Kabupaten Bantul.

"Ratusan siswa SMK Negeri 1 Sedayu hari ini (9/8) mendapat pelatihan siswa terampil mekanik. Ini bertujuan memberikan bekal keahlian di bidang otomotif," kata Corporate Secretary PT Pertamina Retail Ivan Asmara di SMK Sedayu Bantul, Rabu.

Menurut dia, SMK merupakan salah satu lembaga pendidikan di Indonesia yang diharapkan dapat berperan aktif dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Ia mengatakan, salah satu misinya, SMK dapat menyiapkan siswa yang siap menjadi tenaga kerja, sehingga setiap lulusan dari SMK diharapkan dapat mempunyai bekal yang cukup untuk terjun ke dunia industri atau dunia kerja dan dunia usaha.

"Program ini diharapkan bisa memberikan manfaat bagi siswa SMK, khususnya jurusan otomotif. Bekal ini nantinya bisa digunakan para siswa untuk terjun ke dunia kerja baik sebagai mekanik bahkan pemilik bengkel," katanya.

Menurut dia, pelatihan otomotif di SMK Negeri 1 Sedayu yang diselenggarakan selama dua hari dari 9 sampai 10 Agustus 2017 ini merupakan yang ke-45 se Indonesia. Sebelumnya pelatihan serupa juga dilaksanakan di sekolah swasta maupun negeri secara nasional.

"Pertamina Retail memberikan teori dan praktik untuk peningkatan kompetensi siswa dan kami berharap ke depannya bisa mengurangi angka pengangguran," kata Asisten Manajer Communication PT Pertamina Yoesoef Alfredo.

Menurut dia, pada pelatihan tersebut, para siswa SMK Negeri 1 Sedayu juga dikenalkan dengan praktik penggantian pelumas menggunakan produk Pertamina untuk kendaraan roda dua.

"Acara akan ditutup dengan praktik penggantian Pelumas untuk delapan sepeda motor yang dipandu langsung oleh mekanik dari salah satu unit bisnis PT Pertamina Retail yang berada pada SPBU Coco," katanya.

Pada kesempatan itu, PT Pertamina Retail juga memberikan bantuan corporate social responsibility (CSR) berupa seperangkat peralatan penggantian pelumas dan pelumas produk Pertamina.

KR-HRI

Editor: Nusarina Yuliastuti

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga