Sekjen serukan tingkatkan kepercayaan antara negara ASEAN

id sekjen Asean serukan

Sekretaris Jenderal ASEAN, Surin Pitsuwan (foto antaranews.com)

Kuala Lumpur, 18/4 (ANTARA/Xinhua-0ANA Jogja) - Sekretaris Jenderal Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) Surin Pitsuwan Selasa menyerukan meningkatkan kepercayaan satu sama lain di kawasan itu.

 Dia mengatakan pertumbuhan ekonomi dan upaya untuk membangun masyarakat ASEAN dapat dengan mudah tergelincir oleh kesalahan perhitungan di antara 10 negara anggota selama terjadi peningkatan pembangunan bidang militer.

Dengan berbagai platform multilateral seperti forum dan fora, ASEAN tidak dikemudikan untuk keseimbangan kekuasaan namun keseimbangan percaya diri, kata Surin ketika berpidato di Forum Putrajaya  2012 di ibu kota Malaysia.

"Daripada berbicara tentang perlombaan senjata dan perselisihan teritorial, pemahaman yang lebih baik dan peningkatan yang lebih tinggi kepercayaan bisa muncul dari asumsi misi lebih dekat kepada masyarakat, lebih relevan dengan pertumbuhan ekonomi," katanya.

Surin memperingatkan bahwa negara-negara ASEAN harus waspada terhadap spiral tak berujung belanja pertahanan di wilayah tersebut.

"Kami harus berhati-hati agar kita tidak menimbulkan pembangunan persenjataan kita sendiri, sehingga kita akan mengarah ke titik  kesalahan perhitungan yang bisa mengarah pada konflik terbuka di antara kita."
Sekjen ASEAN juga meminta negara-negara anggota untuk meningkatkan kerja sama militer ketika menghadapi bencana alam, yang digambarkan sebagai "ancaman bersama" ke wilayah tersebut.

 Menyebutkan gempa di lepas pantai Sumatera, Indonesia, pekan lalu, ia mengatakan negara-negara ASEAN sekarang lebih siap dibandingkan pada tahun 2004, ketika tsunami mematikan dipicu oleh gempa 9,1 skala Richter menewaskan lebih dari 230.000 nyawa.
   (H-AK)


Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar