Akses jalan menuju Gua Kiskenda rusak

id Goa kiskendo

Akses jalan menuju Gua Kiskenda rusak

Goa Kiskendo di Kabupaten Kulon Progo. (visiting-kulonprogo.blogspot.com )

Jogja  (ANTARA Jogja) - Akses jalan menuju objek wisata Gua Kiskenda dan Gua Lawangsih di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, rusak.

"Semua jalan baik jalan desa dan jalan kabupaten menuju objek wisata Gua Kiskenda dan Gua Lawangsih rusak dan belum ada rencana perbaikan karena keterbatasan anggaran," kata Camat Girimulyo, Widodo di Kulon Progo, Rabu.

Ia mengatakan, akibat jalan yang mengakses ke dua gua itu membuat jumlah kunjungan di objek tersebut turun drastis. Berbagai fasilitas seperti permainan di Gua Kiskenda rusak karena tidak terawat akibat tidak ada biaya pemeliharaan.

"Kami mengharapkan Pemkab Kulon Progo segara melakukan perbaikan infrastruktur jalan menuju objek wisata di gua itu karena menjadi harapan kami untuk menambah pendapatan kecamatan dan mengangkat ekonomi masyarakat Girimulyo," kata dia.

Sebelumnya Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga telah menyusun rencana teknis pengembangan dan pembangunan objek wisata Gua Kiskendo dan Puncak Suroloyo. Dua objek wisata ini dinilai memiliki potensi diminati wisatawan dalam negeri dan mancanegara.

Gua Kiskendo mendapat bantuan dari pemerintah provinsi sebesar Rp300 juta yang sudah digunakan untuk memperbaiki goa. Selain itu, Suroloyo mendapat dana Rp500 juta dari pemerintah pusat yang sudah direalisasikan untuk membangun sarana rekreasi seperti flyingfox, arena bermain, dan mushala.

Pengembangan Puncak Suroloyo diarahkan sebagai obyek wisata alam pegunungan, perkebunan teh, dan ritual 1 Muharam, sedangkan tema pengembangan Gua Kiskendo diarahkan sebagai penelusuran gua dan perkemahan.

(KR-STR)

Editor: Mamiek
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar