Satu rumah di Sleman tertimpa tanah longsor

id tanah longsor minggir

Satu rumah di Sleman tertimpa tanah longsor

Tanah longsor (Foto Antara/Wahyu Putro)



Sleman  (Antara Jogja) - Hujan deras yang mengguyur wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta Selasa pagi mengakibatkan tebing di Dusun Prapak Kulon, Desa Sendangmulyo, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman longsor dan menimpa satu rumah warga.

"Kejadian tebing longsor bersamaan dengan hujan deras. Kemungkinan tebing setinggi tiga meter tidak mampu menampung debit air sehingga kemudian longsor dan menghancurkan dinding ruang tamu rumah kami," kata pemilik rumah Nuryana.

Menurut dia, tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam kejadian tersebut karena longsor hanya menimpa bagian ruang tamu.

"Hanya bagian ruang tamu yang rusak karena dindingnya jebol, untuk kerugian material kami belum tahu," katanya.

Ia mengatakan, setelah kejadian tersebut dirinya dibantu warga dan anggota SAR bersama-sama membersihkan lumpur yang masuk hingga ke dalam rumah.

"Dengan alat seadanya warga dibantu tim SAR berusaha membersihkan tanah yang bercampur batu yang masuk dalam rumah," katanya.

Nuryana mengatakan, tebing di kawasan tersebut memang cukup rawan longsor, terutama pada musim hujan ini sehingga warga sekitar meningkatkan kewaspadaan kemungkinan adanya longsor lagi.

"Kami juga mengharapkan pihak berwenang untuk dapat melakukan antisipasi dengan membuat pengaman agar tebing tidak longsor lagi," katanya.
(V001)