Sleman targetkan indeks kepuasan pelayanan capai 79

id sleman

Sleman targetkan indeks kepuasan pelayanan capai 79

Kabupaten Sleman (dok istimewa)

Sleman (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menargetkan indeks kepuasan masyarakat dalam pelayanan pada RPJMD 2015 mencapai sebesar 79.

"Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sekarang baru mencapai 78,65," kata Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman Susmiarto, Kamis.

Menurut dia, peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan salah satu dari delapan area perubahan program reformasi birokrasi yang paling strategis dan dampaknya dirasakan langsung masyarakat.

"Misalnya pelayanan barang publik infrastruktur perhubungan, pertanian , pendidikan, kesehatan, air bersih, bahan pangan, perumahan, fasilitas umum," katanya.

Kemudian pelayanan jasa pendidikan, kesehatan. pelayanan administrasi perizinan dan nonperizinan.

"Namun demikian pengaduan masyarakat terhadap pelayanan publik masih sering terjadi," katanya.

Ia mengatakan, keramahan kesopanan petugas merupakan salah atu indikator dalam survei kepuasan masyarakat, yang nilainya perlu ditingkatkan.

"Pegawai `front office` sebagai aparat yang lebih sering melakukan hubungan dan komunikasi langsung dengan pengguna pelayanan publik, sehingga perlu dijaga, dibangun dan dikembangkan sikap dan perilaku yang `melayani` bukan dilayani, sikap hormat dan empati kepada pengguna layanan merasa nyaman dan puas terhadap pelayanan yang diberikan pemerintah daerah," katanya.

Susmiarto mengatakan, Pemkab Sleman terus mengembangkan potensi petugas pelayanan publik agar memiliki dan perilaku yang lebih tanggap dan santun terhadap kebutuhan pengguna layanan organisasi.

"Dengan demikian pengguna layanan dapat merasakan kepuasan atas pelayanan yang diberikan oleh petugas," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024