Satu pimpinan DPRD Sleman menyusul dilantik

id DPRD

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) (istimewa)

Sleman (Antara Jogja) - Salah satu pimpinan DPRD Kabupaten Sleman dari Partai Keadilan Sejahtera Sofyan Setyo Darmawan resmi dilantik oleh Kepala Pengadilan Negeri Sleman Dedeh Suryanti, Rabu, setelah tertunda karena sedang menjalankan ibadah haji.

Pelantikan dihadiri Bupati Sleman Sri Purnomo, Dandim Sleman, Kapolres AKBP Ihsan Amin dan unsur pimpinan daerah serta pejabat Sleman.

Ketua DPRD Sleman Haris Sugiharto menyampaikan dengan dilantiknya pimpinan DPRD ini maka sudah lengkap pimpinan definitif DPRD Sleman sehingga dapat membantu meningkatkan kinerja DPRD Sleman dalam mengemban aspirasi masyarakat di Kabupaten Sleman.

"Waktu efektif 2014 tinggal 50 hari kerja, sehingga diperlukan segera mengendorkan urat saraf ketegangan dalam membentuk alat kelengkapan DPRD untuk dapat bekerja dalam mengemban dan menyalurkan aspirasi masyarakat guna melaksanakan tugas pengawasan pemerintah daerah, legislasi dan budgeting," katanya.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan pelantikan ini juga momen penting yang ditunggu-tunggu untuk lebih mempercepat terbentuknya kelengkapan-kelengkapan DPRD.

"Dengan segala kelengkapan tersebut diharapkan kinerja DPRD juga lebih terlihat progresnya. Dengan dilantiknya pimpinan DPRD ini diharapkan alat kelengkapan DPRD antara lain tata tertib, rencana kerja dapat segera ditetapkan, sehingga fungsi ideal DPRD dapat segera dijalankan," katanya.

Menurut dia, keberadaan pimpinan dan anggota DPRD periode 2014-2019 diharapkan selain menjalankan fungsi idealnya juga mampu mendukung pemerintah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan swasta melalui program kemitraan antara pemerintah, masyarakat dan swasta.

"Tantangan ini menjadi cukup penting mengingat saat ini terdapat dua hal yang sudah ditunggu-tunggu. Yang pertama yaitu penetapan anggaran belanja tambahan (ABT) dan yang kedua adalah pembahasan APBD 2015 harus dimulai dan ditetapkan tidak lebih dari 5 Desember 2014," katanya.

Ia mengatakan, bagi Pemkab Sleman, kedua hal tersebut menjadi hal yang sangat krusial mengingat segala permasalahan yang terjadi seperti konflik antar partai telah dapat diselesaikan.

"Kami sangat berharap akan kinerja DPRD yang lebih mengutamakan kepentingan masyarakat mengingat anggota DPRD juga dipilih dari partai politik yang juga memperjuangkan kepentingan masyarakat," katanya.
(V001)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar