Pemkab Sleman siapkan perlindungan naker hadapi MEA

id MEA

Pemkab Sleman siapkan perlindungan naker hadapi MEA

Kabupaten Sleman (Foto Istimewa) (istimewa)

Sleman (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta berupaya meningkatkan daya saing dan perlindungan tenaga kerja (naker) serta keserasian hubungan industrial guna menghadapi MEA 2015.

"Pemkab Sleman juga mengambil kebijakan terus meningkatkan kualitas SDM dalam proses belajar mengajar dan mutu lulusan serta relevansi pendidikan dengan dunia kerja," kata Asisten Sekda Kabupaten Sleman Suyamsih, Senin

Menurut dia, Pemkab Sleman juga meningkatkan kualitas manajemen pelayanan kesehatan termasuk di dalamnya standarisasi pelayanan kesehatan, meningkatkan profesionalitas tenaga kerja dan lainnya.

"Berbagai langkah dan tindak lanjut Pemkab Sleman di ataranya yaitu mengintensifkan sosialisasi MEA hingga desa, kebijakan yang jelas tertuang dalam RPJMD tentang peningkatan daya saing," katanya.

Kemudian, langkah lain adalah melakukan standarisasi produk, mengembangkan UMKM dengan pendekatan klaster, meningkatkan SDM trampil dan profesional dengan sertifikasi minimal ASEAN.

Sedangkan pengajar Fisipol UGM Yogyakarta Hempri Suyatna mengatakan Sleman harus mempersiapkan diri menghadapi permasalahan umum menjelang MEA 2015 di sektor produk barang dan sektor jasa.

"Sleman memiliki potensi unggulan di bidang pertanian, industri kecil menengah, wisata serta lingkungan hidup," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Mamiek
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar