Pemugaran jalan gapura Kompleks Ratu Boko selesai

id candi

Pemugaran jalan gapura Kompleks Ratu Boko selesai

Candi Ratu Boko. FOTO ANTARA/Andreas Fitri Atmoko/nov/12 ()

Sleman (Antara Jogja) - Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta selesai melakukan pemugaran jalan ke gapura Candi Ratu Boko di kawasan perbukitan Desa Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Pada libur Lebaran ini wisatawan sudah dapat melihat langsung bentuk asli jalan menuju gapura kompleks Candi Ratu Boko secara utuh," kata Kepala Seksi Perlindungan, Pengembangan, dan Pemanfaatan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta Wahyu Astuti di Sleman, Kamis.

Setelah menyelesaikan proses pemugaran jalan gapura itu, katanya, selanjutnya di kompleks Candi Ratu Boko akan didirikan suatu museum purbakala.

"Lahan di sekitarnya, yang memang cukup luas dimiliki oleh BPCB Yogyakarta semakin mempermudah untuk leluasa memilih tempat yang tepat. Hanya belum kami pilih di mana nantinya tempat yang cocok untuk didirikan museum," katanya.

Ia mengatakan museum tersebut akan digunakan sebagai tempat untuk memamerkan artefak-artefak yang selama ini hanya disimpan di Kantor BPCB Yogyakarta.

"Artefak tesebut yang merupakan bagian dari situs Candi Ratu Boko. Pengunjung yang datang bisa menikmatinya. Selama ini kan hanya sedikit orang saja yang tahu," katanya.

Kepala Kelompok Kerja Perlindungan BPCB Yogyakarta Muhammad Taufik mengatakan jalur jalan gapura Candi Ratu Boko sebelumnya memang bukan yang asli. Akan tetapi dibuat sekitar 1997 karena akan dilakukan peresmian oleh Presiden Soeharto.

"Dengan dipugarnya jalur itu, maka kita akan tahu yang sebenarnya jalan menuju gapura candi itu seperti apa. Jadi dengan memakai batu-batu candi aslinya," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi mengatakan Kompleks Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko merupakan destinasi unggulan untuk menarik wisatawan pada libur Lebaran.

"Selain itu juga ada Candi Sambisari, Candi Sari, Candi Kalasan, Candi Ijo, Candi Barong, dan Candi Banyunibo," katanya.

Ia mengatakan harga tiket masuk bagi wisatawan ke Candi Prambanan, yakni umum/dewasa Rp30.000, anak-anak/pelajar/mahasiswa Rp12.500, dan wisatawan asing 18 dolar Amerika Serikat.

"Sementara untuk Candi Ratu Boko umum/dewasa Rp25.000, anak-anak/pelajar/mahasiswa Rp10.000, dan wisatawan asing 13 dolar AS. Sementara untuk candi-candi lainnya tiket masuk Rp5.000," katanya.

V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024