Ratu Denmark kunjungi Keraton Yogyakarta

id Ratu Denmark kunjungi Keraton Yogyakarta

Ratu Denmark kunjungi Keraton Yogyakarta

Ratu Denmark Margrethe II (kiri) menjabat tangan Raja Yogyakarta, Sri Sultan HB X disaksikan istri, GKR Hemas (kanan) dan Menlu Denmark Kristian Jensen (kedua kiri) usai berkunjung di Kraton Yogyakarta, Sabtu (24/10). (ANTARA FOTO/Regina Safri)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Ratu Denmark Margrethe II mengunjungi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dalam rangka mempererat hubungan bilateral sesama kerajaan, Sabtu.

Memasuki gerbang keben Keraton Ngayogkarata Hadiningrat, Ratu Margrethe disambut oleh Raja Keraton Ngayogyakarta, Sri Sultan HB X didampingi Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas dengan diiringi tabuhan gending jawa.

Sultan juga didampingi keempat putrinya, GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Maduretno, dan GKR Bendoro.

Setelah memasuki kompleks keraton, Sultan yang mengenakan sorjan biru muda mempersilakan Ratu Margrethe II menuju Bangsal Proboyekso. Di Bangsal itu Sultan memperlihatkan sejumlah koleksi pusaka simbol kebesaran keraton, koleksi keris, dan wayang.

Di Bangsal itu pula Ratu Margrethe II diperlihatkan demo tatah sungging atau tata cara membuat wayang kulit serta teknik membatik.

Karena tertarik dengan keunikan cara membatik, Ratu Margrethe II sempat duduk di kursi beberapa menit untuk mengamati pembuatan batik dengan motif kohinur, dan sawung.

Ratu Margrethe dan rombongan beserta Sultan dan GKR Hemas selanjutnya melakukan santap siang dan berbincang-bincang di Gedung Jene. Kunjungan Ratu Margrethe ke Keraton itu bahkan melebihi satu jam jadwal yang telah ditentukan sebelumnya.

"Sultan posisinya sangat hebat sekali di Indonesia. Saya senang sekali Sultan dan keluarga telah menerima kami dengan sangat baik," kata Ratu Margrethe II saat tiba di lokasi kunjungan berikutnya di Kompkes Candi Prambanan.

(T.L007)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024