Nandang Sutrisno Rektor UII gantikan Harsoyo

id Nandang Sutrisno Rektor UII gantikan Harsoyo

Nandang Sutrisno Rektor UII gantikan Harsoyo

Ketua Umum Yayasan Badan Wakaf UII Luthfi Hasan (kiri) melantik Nandang Sutrisno sebagai Rektor UII periode 2017-2018. (foto istimewa)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Nandang Sutrisno dilantik sebagai Rektor Universitas Islam Indonesia Yogyakarta menggantikan Harsoyo yang mengundurkan diri pada 26 Januari 2017.

Pelantikan Nandang sebagai Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) periode 2017-2018 dilakukan Ketua Umum Yayasan Badan Wakaf UII Luthfi Hasan di Gedung Kuliah Umum Prof Dr Sardjito UII Yogyakarta, Senin.

Luthfi dalam sambutannya mengatakan, tugas rektor ke depan, dalam waktu 14 bulan, memiliki tuntutan pekerjaan cukup tinggi, di antaranya tantangan perguruan tinggi yang semakin besar.

"Sivitas akademika UII harus bersemangat untuk mendukung rektor dengan berbagai kontribusi agar tetap dapat mempertahankan prestasi dan capaian UII selama ini. Saya berharap UII tidak hanya dikenal sebagai tertua, tetapi juga terbaik," katanya.

Nandang mengatakan siap menjalankan amanah dan melanjutkan langkah-langkah yang telah dilakukan oleh pimpinan sebelumnya.

Selain itu juga siap melanjutkan proses penyelesaian terkait persoalan Mapala Unisi, di antaranya tetap berempati terhadap keluarga korban dan mengawal proses hukum.

"Saya juga akan menindaklanjuti keputusan Senat UII terkait penegakan disiplin mahasiswa dan mengambil langkah-langkah terbaik yang diperlukan menyangkut persoalan Mapala Unisi," katanya.

Dengan seluruh jajaran, Nandang menyatakan berkomitmen untuk meyakinkan masyarakat bahwa persoalan Mapala Unisi merupakan peristiwa pertama dan terakhir.

Ia mengharapkan seluruh sivitas akademika UII dapat menjadi duta-duta rahmatan lil'alamin dengan menyebarkan kebajikan, manfaat, dan kasih sayang di muka bumi sesuai dengan visi UII.

"Dalam periode kepemimpinan yang singkat, saya berharap seluruh komponen di UII bahu-membahu dalam menjalankan renstra UII, dan membangkitkan kembali semangat kerja. Saya mengajak seluruh sivitas akademika UII untuk bekerja keras, bekerja tuntas, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas," katanya.

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Pengurus Yayasan Badan Wakaf (PYBW) UII, Nomor 03/SK-PYBW /Pjb/III/2017 tentang pemberhentian Ilya Fadjar Maharika dari jabatan Pelaksana Tugas Rektor UII.

Prosesi dilanjutkan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah Nandang sebagai Rektor UII oleh Luthfi Hasan berdasarkan SK PYBW UII, Nomor 04/SK-PYBW/Pjb/III/2017.

Selanjutnya, Nandang selaku Rektor UII melantik dan mengambil sumpah Agus Taufiq sebagai Wakil Rektor III UII periode 2017-2018 menggantikan Abdul Jamil yang juga mengundurkan diri pada 26 Januari 2017.

Dengan pelantikan itu komposisi lengkap pimpinan UII adalah rektor UII Nandang Sutrisno, Wakil Rektor I Ilya Fadjar Maharika, Wakil Rektor II Nur Feriyanto, dan Wakil Rektor III Agus Taufiq.

Harsoyo dan Abdul Jamil mengundurkan diri dari jabatan Rektor dan Wakil Rektor III UII sebagai bentuk tanggung jawab moral atas meninggalnya tiga mahasiswa UII setelah mengikuti kegiatan pendidikan dasar Mapala Unisi.

Kegiatan pendidikan dasar Mapala Unisi di lereng Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dilaksanakan pada 13-20 Januari 2017. Tiga mahasiswa UII yang meninggal adalah Ilham Nurfadmi Listia Adi, Syait Asyam, dan Muhammad Fadhli (20).


Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024