Sleman selenggarakan Pojok UKM

id UKM,sleman

Sleman selenggarakan Pojok UKM

Pelaku UMKM sedang konsultasi pengembangan usaha di Pojok UKM Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sleman. (Foto dok Dinkop UMKM Sleman)

Sleman (Antaranews Jogja) - Dinas Koperasi, Usaha Keci,l dan Menengah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelenggarakan Pojok UKM yang merupakan sebuah lembaga konsultatif usaha kecil menengah di daerah itu.

"Layanan konsultasi UMKM yang mulai berlangsung pada April 2018  untuk meningkatan pelayanan dan pembinaan koperasi, usaha mikro, dan kecil" kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UMKM) Kabupaten Sleman Pustopo, Rabu.

Menurut dia, Pojok UKM merupakan program inovatif Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Pojok UKM merupakan upaya dinas untuk memfasilitasi dan mendampingi usaha mikro kecil di Kabupaten Sleman terhadap pengetahuan bisnis baik aspek kelembagaan, pengelolaan usaha, strategi bisnis, pengelolaan SDM, produksi, akses pembiayaan, branding produk maupun pengembangan jaringan pasar dan penguasaan teknologi informasi," katanya.

Ia mengatakan, kehadiran Pojok UKM ini merupakan jawaban atas kebutuhan pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha maupun merintis kegiatan usaha dengan mendapatkan pendampingan bisnis.

"Layanan konsultasi bersifat privat dan fokus pada solusi penyelesaiannya. Dengan langkah ini diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan UMKM dalam mengembangkan usahanya," katanya.

Pustopo mengatakan, untuk berkonsultasi para pelaku usaha mikro tidak dikenakan biaya (gratis), namun untuk wajib mendaftar melalui "Whatsapp" atau telpon ke nomor 081280019900.

"Pojok UKM mulai dilaksanakan sejak awal April 2018. Setiap minggu menyediakan waktu dua hari, yakni Senin dan Kamis pukul 09.00 hingga 15.00 WIB di Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman," katanya.

Ia mengatakan, pada hari-hari konsultasi terdapat tema agar permasalahan para pelaku Usaha Kecil Mikro yang dikonsultasikan lebih fokus.

"Beberapa tema yang sudah dijadwalkan antara lain, Membangun Brand, Kemasan Produk Pangan dan Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial," katanya.

Informasi tema secara lengkap, kata dia, dapat diakses melalui akun Facebook dengan alamat "dinkopukmsleman" dan Instagram dengan alamat @Dinkopukmsleman. Pelaksanaan Pojok UKM pada 26 April 2018, kata dia, mengambil tema "Kiat Sukses Marketing Mix" dan untuk pelaksanaan 30 April 2018 mengambil tema "Akses Pembiayaan".

"Pelayanan pojok UKM akan dilaksanakan hingga Desember 2018 dan direncanakan pada 2019 pelayanan dapat ditingkatkan menjadi Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) yang berdiri secara mandiri sehingga pelayanan pengembangan koperasi dan UMKM dapat lebih komprehansif untuk menumbuhkembangkan wirausaha baru di Kabupaten Sleman yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun global," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024