Buruh gendong peroleh JKN gratis

id buruh gendong

Buruh gendong (Foto antaranews.com)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Pelaku ekonomi kecil di Pasar Beringharjo Yogyakarta dari kalangan pedagang kecil, buruh gendong, hingga pengemudi becak akan memperoleh jaminan kesehatan nasional secara gratis selama satu tahun.

"Biaya kepesertaan jaminan kesehatan nasional (JKN) selama satu tahun ini akan dibayarkan pihak ketiga. Kami menggandeng BRI untuk memberikan CSR melalui program ini," kata Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari saat penandatanganan kesepakatan bersama program donasi JKN di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, bank milik pemerintah tersebut menunjukkan kepedulian yang tinggi karena bersedia menyalurkan donasi untuk membayarkan kepesertaan JKN kepada pelaku ekonomi kecil di Pasar Beringharjo yang sebelumnya belum memiliki jaminan kesehatan.

Ia menyebut sebagian besar penerima donasi di Pasar Beringharjo adalah warga dari luar daerah yang setiap hari beraktivitas di Pasar Beringharjo.

Meskipun demikian, Andayani menyebut, capaian kepesertaan JKN di Kota Yogyakarta sudah cukup tinggi bahkan melebihi rata-rata kepesertaan tingkat nasional. Di Kota Yogyakarta, sebanyak 395.079 dari total 410.921 penduduk sudah menjadi peserta JKN.

"Capaian kepesertaan JKN di Kota Yogyakarta sudah mencapai 96,14 persen lebih tinggi dari capaian nasional 76 persen," katanya.

Direktur Hubungan Kelembagaan BRI Sis Apik Wijayanto mengatakan program tersebut dilakukan karena seluruh masyarakat membutuhkan jaminan kesehatan.

"Program ini akan terus kami tingkatkan. Bagaimanapun, kesehatan akan mendukung produktivitas kerja," katanya.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan kesehatan masyarakat yang baik dan terjamin akan mempercepat pencapaian program kerja pemerintah, termasuk pengentasan kemiskinan.

Heroe memberikan apresiasi kepada bank milik pemerintah yang memiliki kepedulian untuk memberikan bantuan pembayaran kepesertaan jaminan kesehatan nasional kepada pelaku ekonomi kecil di Beringharjo.



(E013)



 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar