Arus mudik di kawasan Pasar Bantul meningkat

id arus lalu lintas

Arus mudik di kawasan Pasar Bantul meningkat

Polisi mengatur arus lalu lintas. FOTO ANTARA


Bantul (Antaranews Jogja) - Arus lalu lintas kendaraan pemudik di kawasan Pasar Bantul  Jalan Jenderal Sudirman, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Kamis atau sehari menjelang Idul Fitri 1439 Hijriah meningkat.

"Kalau arus lalu lintas di depan Pasar Bantul ini sudah mengalami peningkatan bahkan sejak H-2, baik  arus pemudik maupun  masyarakat sekitar, " kata Kepala Polsek Bantul Kompol Paimun di Pos Pantau Lebaran Pasar Bantul, Kamis.

Menurut dia, peningkatan arus kendaraan di kawasan Pasar Bantul ini sebagian besar kendaraan pelat luar DIY seperti  Jakarta dan Bogor yang merupakan para pemudik untuk berlebaran di daerah ini.

"Termasuk lalu lintas di pasar  meningkat karena pemudik berbelanja. Kalau keramaian belanja sudah meningkat sejak H-5, namun ini lebih meningkat lagi," katanya.

Ia mengatakan puncak kepadatan arus lalu lintas di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman terutama depan Pasar Bantul termasuk di pertokoan terjadi pada H-2 dan H-1 Lebaran karena Jumat (15/6) masyarakat sudah merayakan Lebaran 2018.

"Namun kalau lalu lintas di sini sejauh ini masih lancar, kalaupun padat sekali itu mungkin hanya sebentar, dan kita sudah antisipasi adanya personel yang kitak siagakan di daerah ini, " katanya.

Dia mengatakan Pos Pantau dan Pos Pengamanan Lebaran yang didirikan bersama institusi terkait itu setiap hari dijaga 10 anggota Polri,  TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP,  dan lain-lain.

"Kalau untuk kamtimbas (keamanan dan ketertiban masyarakat) di Pasar Bantul sampai saat ini kondusif, hanya ada laporan kehilangan kecil-kecilan dan tidak begitu menonjol, jadi masih kondusif," katanya.