"Sleman Crafstyle" kembangkan ekonomi kreatif masyarakat

id Sleman creative space

Sleman Creative Space sebuah wadah bagi komunitas dan pelaku industri kreatif dan terwujud berkat andil Pemkab Sleman dan sumbangan dari Badan Ekonomi Kreatif. (Foto ANTARA)

Sleman (Antaranews Jogja) - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan "Creative Art Fashion and Lifestyle" (Sleman Craftstyle) merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Sleman dalam mengembangkan usaha ekonomi kreatif masyarakat.

"Event yang digelar Dinas Pariwisata Sleman bersama Yayasan Kreatif Bangsa Indonesia (Krafbina) ini merupakan ajang pelaku ekonomi kreatif untuk lebih mengembangkan usahanya," kata Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Savitri Nurmala Dewi di Sleman, Jumat.

Sleman kembali menyelenggarakan Sleman Creative Art Fashion and Lifestyle (Sleman Craftstyle) pada 10-16 September 2018 .

Menurut dia, penyelenggaran Sleman Craftstyle 2018 ini mengikutsertakan masyarakat atau komunitas yang bergerak di industri kreatif untuk saling berkolaborasi.

"Penyelenggaraan Sleman Craftstyle ini merupakan kelanjutan atau pengembangan dari kegiatan Sleman Fashion Festival," katanya.

Ia mengatakan, sektor ekonomi kreatif saat ini menjadi salah satu perhatian dan fokus pengembangan Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Pariwisata.

"Salah satu dari sektor ekonomi kreatif adaya fashion, kemudian juga pengembangan kuliner, dan juga industri pendukung lain yang jadi perhatian kami," katanya.

Shavitri mengatakan, melalui kegiatan tersebut, Sleman yang sudah ditetapkan sebagai Kabupaten Kreatif dalam subsektor film animasi dan video ini diharapkan dapat menjadi penggerak bagi tumbuhnya 15 subsektor industri kreatif yang lain di antaranya fashion, art, dan mendukung pada gaya hidup.

"Kami juga ingin apa yang dimiliki Sleman baik potensi wisata budayanya menjadi guidance bagi wisatawan yang berkunjung ke Sleman," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan ini diharapkan akan semakin banyak mendapat dukungan dari pihak-pihak yang memang terlibat di dalam industri yang nantinya ada dalam kegiatan Sleman Craftstyle.

Ketua Yayasan KRAFBINA, Luwi Sarwoaji mengatakan dalam kegiatan Sleman Craftstyle tersebut nantinya terdapat beerbagai kegiatan yang terdiri dari beberapa bidang pada industri kreatif.

"Terdapat berbagai agenda kegiatan dalam penyelenggaraan Sleman Craftstyle yaitu fashion, food and beverage, flm, culture and heritage, beauty and photography. Seluruh kegiatan tersebut terbuka untuk umum," katanya.



 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar