BUMN Hadir - Alumni SMN diharapkan punya modal kembangkan daerahnya

id SMN Kepulauan Riau

Direktur Keuangan Perum LKBN Antara Nina Kurnia Dewi saat memberi sambutan di hadapan peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Kepulauan Riau di Hotel Pesona Malioboro Yogyakarta (Foto Antara/Hery Sidik)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Direktur Keuangan, SDM, dan Umum Perum LKBN Antara Nina Kurnia Dewi mengharapkan alumni Siswa Mengenal Nusantara 2018 Program BUMN Hadir Untuk Negeri asal Kepulauan Riau mempunyai modal untuk mengembangkan daerah sesuai dengan potensinya. 
     
"Kepada kalian semua, setelah nanti kembali ke Kepulauan Riau bisa berfikir hal-hal positif apa yang bisa dikembangkan di daerahnya," katanya saat meninjau kegiatan latihan tari SMN Kepri di Hotel Pesona Malioboro Yogyakarta, Rabu malam.
       
Menurut dia, agenda kunjungan para peserta SMN asal Kepri selama beberapa hari di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan dilanjutkan ke Semarang Jawa Tengah ini tentu menjadikan pengalaman yang berharga bagi pelajar setingkat SMA sederajat dalam mengenal  Nusantara. 
       
Oleh sebab itu, kata Direktur Keuangan Antara, para peserta SMN nantinya bisa menerapkan atau mencontoh keberhasilan yang dilakukan masyarakat baik dalam hal budaya, pariwisata hingga industri kreatif yang berkembang di Yogyakarta. 
       
"Silakan 'copas', misalnya di Jogja saja bisa, kenapa di kita tidak. Jadi ini menjadi pengalaman dari yang sebelumnya 'kuper'. Maksud kami bawa kalian ke ikon-ikon ini agar kalian rasakan langsung bahwa kegiatan ini punya manfaat yang luar biasa," katanya. 
     
Niina  mengatakan, dengan pengalaman mengenal nusantara ini tentu akan membuka pikiran para siswa yang lebih luas secara nasional atau nasional perspektif dalam mengeksplore daerahnya, dan itu akan lebih baik dari lokal perspektif.
     
Dia  menjelaskan, program SMN ini juga bertujuan memperkenalkan para siswa terpilih tentang keberagaman nusantara di Indonesia dan dengan mengenal Yogyakarta lebih dalam maka akan bisa menjadi pikiran bagaimana menjadikan daerah juga maju.
       
"Kami bersyukur bisa memilih kalian untuk mennikmati keberagaman nusantara dan ke depan kalian harus mensyukuri keberagaman Nusantara, jangan jadikan hambatan. Kalianlah Indonesia di masa depan," katanya. 
       
Dia juga mengatakan, program SMN ini juga ingin mengenalkan BUMN dan perannya dalam pembangunan masyarakat."BUMN merupakan partner pemerinta buntuk bisa memberi kembali kemanfaatan kepada masyarakat," katanya.
     
Sebanyak 21 orang siswa SMA/SMK dan tiga orang siswa SLB peserta SMN tahun 2018 asal Kepulauan Riau diberangkatkan ke Yogyakarta dan Semarang oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1 sebagai penanggung jawab (PIC), bersama Perum LKBN Antara, dan Persero Batam.
     
Kegiatan SMN sebagai bagian dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri bertujuan mengajak para siswa berprestasi mempelajari potensi budaya Nusantara serta menanamkan rasa bangga dan cinta Tanah Air sejak dini.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar