Sleman bersama TNI bersinergi sukseskan KB kesehatan

id Kb

Sleman bersama  TNI bersinergi sukseskan KB kesehatan

Ilustrasi program KB (istimewa)

  Sleman,  (Antaranews Jogja) - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Sleman dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman bersinergi bersama dalam mensukseksann program Keluarga Berencana (KB) di Kabupaten Sleman.
     
"Dengan adanya bantuan dan dukungan dari TNI, program KB dan kesehatan di Kabupaten Sleman dapat dilaksanakan secara lebih efektif dan efisien," kata Bupati Sleman Sri Purnomo dalam Monitoring dan Evaluasi Bakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan.di Kampung KB dusun Sengir, Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Sabtu.
     
Menurut dia, saat ini program KB tidak hanya sebatas pada pembatasan jumlah kelahiran, namun juga mencakup upaya peningkatan kualitas dan kesejahteraan keluarga.
 
   "Kegiatan ini juga sebagai sarana menjaga keharmonisan hubungan dan komunikasi antara TNI, masyarakat,  dan Pemerintah Kabupaten Sleman," katanya.
 
 Ia mengatakan, kesadaran masyarakat Sleman terhadap program KB dari hari ke hari semakin tinggi. Bahkan KB mulai menjadi kegiatan mandiri bagi sebagian masyarakat.
 
  "Prevalensi peserta KB aktif pada 2017 mencapai 80,06 persen pasangan usia subur. Ke depan, diharapkan para kaum pria besedia menjadi peserta KB aktif sebagai solusi kendala yang dialami kaum wanita yang tidak bisa menggunakan KB karena alasan kesehatan," katanya.
   
 Ketua Tim Monitoring dan Evaluasi Bakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan tingkat DIY Joehananti Chriswandari mengatakan bahwa program Kampung KB tersebut telah dimulai sejak 2016, sesuai dengan arahan Presiden RI.
     
"Keberhasilan program tersebut perlu adanya kerja sama dari semua pihak. Sehingga keberadaan Kampung KB ini dapat direalisasikan diseluruh wilayah. Harapannya dengan adanya Kampung KB ini kesejahteraan masyarakat akan lebih meningkat lagi," katanya.
     
Pada kesempatan tersebut turut diresmikan 17 Kampung KB baru se-Kabupaten Sleman dengan penandatanganan prasasti Kampung KB oleh Bupati Sleman.
   
 Di samping itu, juga dilakukan penandatanganan Komitmen Bersama masyarakat dusun Sengir, Sumberharjo, Prambanan untuk mendukung dan menjalankan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).
 
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024