DIY optimistis target wisatawan mancanegara 2018 tercapai

id wisatawan

ilustrasi-Pedagang Kaki Lima (PKL) Malioboro membagikan nasi tumpeng gratis kepada wisatawan mancanegara di kawasan Malioboro, DI Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/kye/17)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta optimistis jumlah wisatawan mancanegara yang ditargetkan sebanyak 450.000 orang selama 2018 akan tercapai.
   
"Meskipun tinggal satu bulan kami yakin target tercapai," kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata DIY Imam Pratanandi di Yogyakarta, Selasa.
    
Imam menyebutkan hingga saat ini jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Yogyakarta total mencapai 400.000 wisatawan baik yang tercatat menginap di hotel berbintang maupun nonbintang.
    
Ia mengakui bahwa ada penurunan kunjungan wisatawan mancanegara khususnya yang berasal dari Jepang. Untuk kembali mendongkrak kunjungan wisatawan Jepang, Dispar DIY telah menggencarkan promosi wisata dengan mengikuti pameran-pameran yang digelar oleh Japan Association of Travel Agents (JATA).
    
Menurut Imam, kegiatan yang paling efektif mendorong peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara adalah kegiatan-kegiatan budaya baik tradisional maupun kontemporer. Sejumlah kegiatan yang mendongkrak kunjungan wisata, antara lain seperti Art JOG, Customfest, hingga Jogja International Heritage Walk.
    
Ia mengakui kunjungan wisatwan mencanegara menjadi target utama karena Dinas Pariwisata DIY memiliki visi menjadikan DIY sebagai destinasi wisata terkemuka di dunia. "Karena destinasi wisata terkemuka di dunia indikasinya adalah wisatawan mancanegara yang datang di Yogyakarta," kata dia.
    
Sementara itu, lanjut Imam, untuk wisatawan nusantara atau domestik yang berkunjung ke DIY hingga saat ini jumlahnya mencapai 4,8 juta dari target 5 juta selama 2018.
    
Selain meningkatkan kunjungan wisata, menurut dia, Dispar DIY juga berupaya mendorong peningkatan lama tinggal wisatawan mancanegara atau length of stay (LOS). Menurut dia, rata-rata LOS wisatawan di Yogyakarta masih mencapai 2,19 hari. "Kami menaregetkan LOS wisatawan di DIY bisa sampai 2,9 hari," kata Imam.


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar