Wabup Sleman resmikan Galeri Batik Tulis dan Kuliner

id Galeri batik tulis

Wabup Sleman resmikan Galeri Batik Tulis dan Kuliner

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun melihat hasil karya di Galeri Batik Tulis Nardbouven dan tempat kuliner Mulih Ndeso di Jalan Palagan Tentara Palagan, Ngaglik, Sleman. (Foto Antara/Humas Sleman)


Sleman  (Antaranews Jogja) - Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Muslimatun didampingi Ketua Tim Penggerah PKK Kabupaten Sleman Kustini Sri Purnomo meresmikan galeri batik tulis Nardbouven dan tempat kuliner Mulih Ndeso di Jalan Palagan Tentara Palagan, Ngaglik, Sleman, Minggu.
     
Galeri Batik Tulis dan Kuliner Mulih Ndeso tersebut merupakan inisiatif masyarakat setempat yang dipimpin Nardiyono Wibowo.
     
Sri Muslimatun mengatakan apa yang telah dirintis masyarakat setempat tersebut dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan bagi masyarakat sekitar.
     
Menurut dia, tidak mudah mengembangkan ekonomi kerakyatan saat ini. Maka ia mengimbau para pelaku usaha yang bergerak di bidang ekonomi kerakyatan untuk selalu gigih dalam menjalankan usahanya.
     
"Ini sumbangan yang luar biasa dari masyarakat. Tapi ini harus selalu dibimbing, didampingi agar hasil produksinya bagus, kemudian laris dan menjadi besar," katanya.
     
Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sleman berkomitmen untuk mendorong Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM) bagi masyarakat.
     
"Pemerintah selalu siap untuk mendampingi para pelaku usaha sampai terampil. Bantuan tersebut meliputi biaya pelatihan, pemberian sertifikat serta pemasaran. Para peserta pelatihan ini nanti juga kita berdayakan untuk menjadi pelatih bagi peserta yang baru," katanya.
     
Sedangkan Nardiyono mengatakan bahwa pendirian galeri batik dan kuliner tersebut bertujuan untuk memberdayakan masyarakat sekitar.
     
"Saat ini kurang lebih ada sebanyak 400 masyarakat yang diberdayakan di tempat ini," katanya.
     
Ia berharap dengan diresmikannya tempat tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
     
"Saya ingin masyarakat bisa mandiri. Meski kami sadar ini tidak bisa instan," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024