Jamaah calon haji Sleman diberangkatkan pada awal Juli 2019

id haji sleman,kuota haji sleman

Jamaah calon haji Sleman diberangkatkan pada awal Juli 2019

Kegiatan Ta'aruf jamaah calon haji Kabupaten Sleman tahun 2019 (ANTARA/HO/Humas Sleman)

Sleman (ANTARA) - Kementerian Agama Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta akan mulai memberangkatkan jamaah calon haji 2019 pada awal Juli sebanyak empat kelompok terbang (kloter)

"Kloter pertama akan mulai diberangkatkan pada awal Juli 2019. Untuk Sleman nantinya akan terbagi dalam empat kloter, yaitu kloter 24, 25, 26, dan 27," kata Kepala Kemenag Kabupaten Sleman, Sa'ban Nuroni di Sleman, Senin.

Menurut dia, berbagai persiapan untuk keberangkatan jamaah calon haji sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu, seperti pembekalan dan latihan manasik haji.

"Kami juga mengingatkan kepada para jamaah calon haji terkait cuaca terik di Arab Saudi yang diprediksi berkisar antara 35-40 derajad celsius. Informasinya, cuaca akan sangat panas sehingga kekhawatiran kami jamaah mengalami dehidrasi," katanya.



Ia mengatakan, dehidrasi dapat menimbulkan masalah. Proses penguapan air dari tubuh memang tidak terlihat dan tidak mengeluarkan keringat.

"Jamaah sering kurang waspada dan mengabaikan pola minum yang baik. Kami mengimbau agar CJH sering minum untuk menghindari dehidrasi," katanya.

Sa'ban mengatakan, jamaah juga diimbau untuk mengurangi aktivitas saat siang hari di luar keperluan ibadah.

"Kalau memang untuk keperluan ibadah tidak masalah. Tapi kalau tidak sedang ibadah jangan sering keluar hotel," katanya.



Ia mengatakan, pada 2018, ada tiga orang jamaah haji asal Sleman yang meninggal dunia, tahun ini diharapkan semua jamaah haji asal Sleman bisa pergi dan kembali dengan selamat.

Pada 2019 kuota jamaah haji untuk Sleman sebanyak 1.193 jamaah. Namun pihaknya masih menunggu tambahan kuota haji setelah pembayaran tahap keempat lunas.

"Insya Allah Sleman dapat tambahan kuota, jumlahnya sepertinya tidak banyak tapi kami masih menunggu pelunasan pembayaran tahap keempat dulu. Prioritasnya masih untuk calon jamaah lanjut usia," katanya.

Ia mengatakan, seperti pada pembayaran tahap ketiga yang lalu ada beberapa calon jamaah lanjut usia. Oleh karenanya, dengan mempertimbangkan faktor usia lanjut, pihaknya memberlakukan pendampingan dengan menyertakan satu jamaah dari pihak keluarga untuk mendampingi.



"Kalau sudah usia lanjut dicari dari keluarga tapi yang sudah mendapatkan kursi," katanya.

Selain itu, kata dia, dalam penyelenggaraan haji 2019 mulai diterapkan sistem kloter berdasarkan kode pos. Artinya para CJH dikelompokkan berdasarkan kecamatan dimana mereka tinggal.

"Pengelompokan per kecamatan, untuk memudahkan," katanya.

Baca juga: Pembagian kloter jamaah calon haji Sleman berdasarkan Kode Pos
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024