DIY mempertimbangkan bus diperbolehkan melewati jalur Imogiri-Mangunan (VIDEO)

id Jalur Imogiri-Mangunan

Jalur Imogiri-Mangunan di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang sudah dilebarkan (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta akan mempertimbangkan kemungkinan bus besar diperbolehkan naik ke objek wisata Mangunan Dlingo, Kabupaten Bantul melewati jalur Imogiri-Mangunan menyusul ruas jalan itu telah dilebarkan.

"Tentu kita akan melihat nanti kemungkinan itu, dan seberapa padat di jalur tersebut kami akan lihat situasi dan kondisi, karena untuk jalur Imogiri sampai Mangunan saat ini sudah cukup lebar," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Singgih Raharjo di Bantul, Rabu.

Selama libur Lebaran 2019 dan tahun-tahun sebelumnya pemerintah daerah setempat telah mengeluarkan kebijakan tidak merekomendasikan bus pariwisata besar yang naik Mangunan lewat Imogiri, melainkan melalui simpang tiga Patuk Wonosari.

Menurut dia, hal itu karena kondisi jalur wisata itu yang berkelok-kelok dan menanjak yang dinilai membahayakan karena berakibat kecelakaan lalu lintas maupun menimbulkan kemacetan, namun pada tahun ini, jalan sudah dilebarkan pemerintah.

"Jalur Imogiri-Mangunan itu sendiri sebenarnya sudah cukup lebar mulai dari bawah sampai atas sekarang sudah nyambung, sehingga itu (kemungkinan bus wisata lewat jalur Imogiri-Mangunan) yang nanti kita bicarakan," katanya.
 

Selain itu, kata dia, yang akan menjadi pembicaraan dengan instansi terkait adalah mengupayakan pelebaran jalan mulai dari Mangunan Dlingo sampai simpang tiga Patuk Wonosari, sebab nanti akan mendukung kelancaran arus wisatawan ke Mangunan dari utara.

"Dari Mangunan sampai Patuk itu kan akses jalannya masih kecil dan sudah rusak, kemarin saya usulkan untuk segera dilakukan perbaikan, supaya akses wisatawan bisa lebih lancar lagi," katanya.

Sementara itu, Ketua Koperasi Noto Wono wisata Mangunan Purwo Harsono belum lama ini mengatakan, menilai bahwa jalur Imogiri-Mangunan saat ini sudah cukup lebar, sekalipun untuk dilewati bus pariwisata sudah memadai, sebab sudah ada pelebaran di tikungan-tikungan.

"Kalau jalur Imogiri-Mangunan sudah ada standarisasi di tikungan dan tanjakan, pelebaran juga sudah dibangun, namun kami tidak bisa menilai itu (bus bisa melewati), tetapi kemarin saat libur Lebaran ada kebijakan itu (bus dialihkan lewat Patuk," katanya.

    Baca juga: DIY mempertimbangkan bus diperbolehkan melewati jalur Imogiri-Mangunan (VIDEO)
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar